Jogja Fashion Week Akan Tampilkan Busana Karya Philip Iswardono bertajuk 'Ethnic Code'

[Expired] Jumat, 26 Agustus 2016

Oleh : Veronika Sekar / Jumat, 26 Agustus 2016 15:39

Gelaran Jogja Fashion Week (JFW) akan menampilkan karya-karya dari para desainer dari berbagai daerah. Pada hari ketiga penyelenggaraan JFW Jumat (26/08) akan ada peragaan busana karya Philip Iswardono bertajuk 'Ethnic Code". “Tujuan kami memberikan gaya berpakaian baru yang diilhami dari gaya pakaian asli Indonesia”, jelas Philip dalam kesempatan jumpa pers di Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta (26/08).

Setelah proses penggalian sekian lama, akhirnya Sarung dipilih menjadi sumber inspirasi utama dalam karyanya yang akan ditampilkan malam nanti pukul 19.00 di Jogja Expo Center. Menurut Phillip, tradisi memakai sarung berakar dari tradisi dan adat dari berbagai negara di Asia dan Afrika. Di Indonesia sarung sudah dikenal sebelum zaman kemerdekaan, dahulu sarung biasa digunakan oleh para santri. Namun lambat laun sarung tidak lagi menjadi baju sehari-hari.

Oleh karena itu, busana karya Phillip Iswardono juga bertujuan untuk mengkampanyekan kembali sarung sebagai busana alternatif yang berciri khas dan asli Indonesia. Sarung juga dapat menjadi busana identitas Indonesia tanpa batas strata social, umur, dan gender.

Melalui tangan kreatifnya, sarung diolah menjadi gaya yang sangat individual dan original. Potongan loose yang longgar dan tidak ketat akan terasa nyaman digunakan. Dengan mengusung busana yang ready to wear, secara garis besar teknik layering dan saling tumpuk menjadi andalan dalam karya-karya yang akan disajikan.

Philip Iswardono akan menampilkan puluhan karya dengan berbahan dasar kain tenun lurik, tenun Troso Jepara, tenun Goyor Sukoharjo, tenun Tanimbar, dan batik kelengan khas Yogyakarta. Phillip berharap sarung dapat menjadi busana yang modern dan memenuhi selera global namun tanpa meninggalkan kekayaan busana asli Indonesia melalui kain-kain khas dari berbagai daerah di Indonesia.

Jogja Fashion Week berlangsung pada 24 – 28 Agustus 2016 di Jogja Expo Center. JFW mengusung tema “The Heritage” yang mengangkat batik sebagai warisan dunia. Selain menampilkan peragaan busana dari para desainer dari berbagai daerah di Indonesia, JFW juga mengadakan seminar, karnaval, kompetisi busana, dan lainnya.

 

jogjastreamers

JOGJAFAMILY 100,2 FM

JOGJAFAMILY 100,2 FM

JogjaFamily 100,9 FM


SWARAGAMA 101.7 FM

SWARAGAMA 101.7 FM

Swaragama 101.7 FM


UNIMMA FM 87,60

UNIMMA FM 87,60

Radio Unimma 87,60 FM


UNISI 104,5 FM

UNISI 104,5 FM

Unisi 104,5 FM


GERONIMO 106,1 FM

GERONIMO 106,1 FM

Geronimo 106,1 FM


SOLORADIO 92,9 FM

SOLORADIO 92,9 FM

Soloradio 92,9 FM SOLO


Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini