Kuliner

Apem Beras Bu Wanti Eksis Sejak Tahun 70-an

Oleh : Karni Narendra / Kamis, 12 Juli 2018 08:57
Apem Beras Bu Wanti Eksis Sejak Tahun 70-an
Apem Bu Wanti Pasar Ngasem / Karni Narendra

 

Gudeg.net - Apem, Kue tradisional yang berbentuk bulat pipih dan rasanya gurih. Kue yang terbuat dari tepung beras, gula pasir, kelapa muda, santan, telur dan ragi ini, biasanya dipergunakan dalam perhelatan atau acara-acara tertentu seperti acara ruwahan, apeman dan kenduri.

Meskipun terbuat dari resep yang sederhana namun apem ini termasuk kue legendaris dan yang banyak digemari oleh semua kalangan. Masih jarang orang yang menjual khusus kue yang satu ini kecuali untuk pesanan tertentu. Namun di salah satu pasar tradisional di Jogja yaitu di Pasar Ngasem kita bisa menemui penjual khusus kue apem, lebih terkenal dengan sebutan apem beras Bu Wanti.

Apem Bu Wanti merupakan usaha keluarga turun temurun, mulai dari sang ibunda bu Wanti hingga Bu wanti sendiri. Saat ini sudah memasuki ke generasi kedua. Usaha berjualan kue apem ini sudah dimulai sejak tahun 70an. “Kala itu Ngasem belum berupa pasar dan ibu masih berjualan di pinggir jalan,” tutur Bu Wanti. “Dan masih terkenal dengan sebutan apem pasar Ngasem,” jelasnya lebih lanjut.

Setelah usahanya diteruskan oleh Wanti, baru kemudian diberi nama “apem beras Bu Wanti” untuk mempermudah pembeli dalam mencarinya.

Dibantu bersama keluarga, bu Wanti mulai membuat adonan apem semenjak sore hari, adonan tersebut didiamkan hingga keesokan harinya. Dan sewaktu akan dimasak baru ditambah dengan santan dan kelapa muda,baru kemudian dimasak dalam cetakan.

Cetakan yang dipergunakannya juga masih termasuk cetakan tradisional dengan menggunakan tunggu dengan bahan bakar arang. Bu Wanti sengaja tidak menggunakan kompor namun menggunakan tungku dengan bahan bakar arang. Dan kue apem ini disajikan fresh dan hangat.

Untuk sehari-harinya Bu Wanti bisa menghabiskan sekitar tiga kilo tepung beras namun saat acara tertentu, misal ruwahan bisa lebih dari itu. Di waktu Ruwahan Bu Wanti banyak menerima pesanan. Selain apem di waktu Ruwahan juga menyediakan kolak pisang dan ketan sebagai  pelengkap.

Satu kue apem dihargai Rp.2500. Selain di Pasar Ngasem, Apem BU Wanti juga tersedia di Pasar Kotagede. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 12.00 WIB.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Radio GCD  98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini