Pendidikan

Pelaksanaan 5 Hari Sekolah Disesuaikan dengan Kebijakan Masing-masing Daerah

Oleh : Karni Narendra / Selasa, 24 Juli 2018 15:30
Pelaksanaan 5 Hari Sekolah Disesuaikan dengan Kebijakan Masing-masing Daerah

Gudeg.net - Menindaklanjuti  mengenai  Perpres PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) No.23 tahun 2017 tentang hari sekolah. Beberapa  sekolahan yang terdapat di Yogyakarta menyesuaikan untuk melaksanakan sistem 5 hari sekolah. Sistem ini sudah mulai diberlakukan di beberapa sekolah menengah di Yogyakarta.

Sistem ini tidak akan merubah kurikulum wajib yang sudah ada, pelaksanaan sistem tersebut dikembalikan ke sekolah masing-masing karena setiap sekolahan mempunyai kebijakan sendiri-sendiri dan mempunyai ekstra kurikuler yang berbeda.

Yaniarti selaku Kasi SMA di Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga menjelaskan, sistem 5 hari, belum bisa dilaksanakan di semua sekolah menengah atas karena masing-masing sekolah menyesuaikan dengan kondisi daerahnya dan kapasitas sekolah. “Dari presiden tidak mengharuskan tetapi menyesuaikan dengan kondisi masing-masing daerah” jelasnya.

Selain kurikulum wajib, setiap sekolah diwajibkan memberikan muatan pendidikan karakter, seperti bakti sosial, kegiatan yang membangun sifat kebersamaan, penguatan karakter di bidang agama dan juga penguatan NKRI di pendidikan pancasila yang merupakan implementasi kegiatan berbagi menjalin persatuan dan kesatuan.

“Rata-rata sekolah di DIY sudah menyetujui lima hari sekolah, untuk kurikulum sudah jelas tinggal mengembangkan” jelasnya lebih lanjut.

Untuk jam dan struktur kurikulum sudah jelas dan tinggal menambah, minimal bisa mencangkup standar kurikulum yang sudah ada, kemudian mengembangkan kurikulum nasional serta kurikulum muatan lokal, misal di Jogja semua sekolah wajib memberikan pelajaran bahasa Jawa minimal dua jam dan ekstra kurikuler wajib seperti pramuka. Dan setelah itu sekolah bisa meningkatkan mutu pendidikan, semisal mengembangkan pendidikan lokal seperti penelitian, kesenian dan pelajaran olah raga.

Dari ekstra kurikuler tersebut bisa dilihat kemampuan masing-masing sekolah,  apa yang akan menjadi unggulan di sekolah tersebut. “Dan bagaimana bisa menjadikan sekolah menjadi taman dan tempat yang asyik untuk siswa” tutupnya.

 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Radio GCD  98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini