Berita

Akar Sudah Rawan, Pohon Tua di Jalan Suroto Ditebang

Oleh : Trida Ch Dachriza / Selasa, 16 Oktober 2018 15:21
Akar Sudah Rawan, Pohon Tua di Jalan Suroto Ditebang
Taman Bulevar Suroto dalam pengerjaan-Gudegnet/Trida


Gudeg.net— Perbaikan jalur pedestrian dan taman Jalan Suroto masih berjalan sesuai rencana hingga saat ini (16/10). Rencana mempertahankan pohon-pohon besar berusia puluhan tahun di taman tengah itu sedikit melenceng. Saat ini, beberapa pohon Tanjung di taman tersebut ditebang.

“Pohon yang ditebang karena alasan keamanan. Akar dari pohon tanjung sudah rawan, sehingga akan kami ganti dengan pohon tanjung yang baru,” jelas Umi Akhsanti, Kepala Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Jogja (16/10).

Umi juga menegaskan bahwa pohon yang diganti hanya yang dinilai membahayakan saja. Pohon yang masih kuat tetap dipertahankan. Proyek ini direncanakan selesai dalam 90 hari kalender, atau akhir Desember nanti.

Baca juga: Proyek Penataan Jalur Pedestrian Jalan Sudirman Akan Dilelang Maret 2019

DPUPKP Kota Jogja telah menerima kucuran dana keistimewaan sebesar Rp 2 miliar September lalu untuk membenahi taman tengah yang membelah jalan tersebut. Pada awalnya proyek ini hanya akan mengganti pot-pot lama yang terlampau besar. Namun, di tengah proyek ditemukan bahwa beberapa pohon tanjung akarnya sudah tidak kuat dan memiliki potensi membahayakan pengguna jalan ke depannya.

Tegel di taman tengah itu akan diganti dengan material teraso, sama dengan jalur pedestrian di Jalan Suroto dan Jalan Malioboro. Selain itu street furniture berupa lampu taman dan bangku juga akan dipasang di situ.

Beberapa street furniture sudah tampak di jalur pedestrian. Belum dipastikan apakah itu street furniture untuk taman tengah atau untuk jalur pedestrian. Untuk jalur pedestrian sendiri, proyek berjalan lebih cepat 13% dari lini masa seharusnya.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM



    JogjaFamily 100,2 FM

    JogjaFamily 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini