Kuliner

Espora, Wine Berlabel Halal Hadir di Jogja

Oleh : Karni Narendra / Senin, 22 Oktober 2018 21:04
Espora, Wine Berlabel Halal Hadir di Jogja

Gudeg.net - Wine yang biasa kita kenal dengan sejenis minuman fermentasi beralkohol dan bagi sebagian orang minuman ini haram. Namun baru-baru ini di Jogja, bisa kita temui Wine non alkohol dan bersetifikasi halal berlabel Espora Zero Alcohol.

Produk Spanyol yang mulai masuk ke Indonesia pada Desember 2017 ini sempat menarik perhatian pengunjung pada event Jogja Halal Festival pertengahan Oktober lalu. Saat ini Espora telah beredar di beberapa kota di Indonesia yaitu Bogor, Bandung, Jakarta, Surabaya, Bali dan Yogyakarta.

Espora disebut Wine halal karena proses fermentasinya tidak lama, sekitar Sembilan bulan hingga satu tahun. Berbeda dengan wine beralkohol yang proses fermentasi lebih dari tiga tahun. Selain itu buah yang dipergunakan juga yang masih muda dan bakteri yang dipergunakan bukan memproduksi alkohol namun lebih ke yogurt.

Dalam satu botol Espora menggunakan kurang lebih 800-900 butir anggur tanpa menggunakan campuran air.

Roni Wibiharto Distributor Espora menuturkan, minuman ini disebut wine karena proses pembuatannya sama dengan proses pembuatan Wine, namun setelah satu tahun dibotolkan ada masa expirednya yaitu tiga tahun, “lebih dari tiga tahun tidak menjamin kehalalannya karena akan terjadi proses fermentasi ulang, atau istilahnya tertidur pada proses tertentu.”

Di Spanyol sendiri setelah tiga tahun minuman ini akan dimusnahkan. Saat ini Espora telah mengantongi label halal dari MUI Malaysia, MUI Singapura dan MUI Eropa, sedangkan di Indonesia baru diproses ke MUI.

Pemilik Espora merupakan keluarga produsen Wine, Wine ini diproduksi karena ada permintaan dari kerajaan Arab  untuk memproduksi Wine non alkohol. Semua proses pembuatannya diawasi dengan ketat oleh Eropa.”Oleh karena itu kita tidak ragu kalau ini halal meskipun kita sekarang sedang proses MUI,” jelas Roni.

Produk Espora ada beberapa jenis, namun yang masuk ke Indonesia baru ada dua macam yaitu Espora Zero Red (cherry red dealcoholized wine high intensity) dan Zero Sparkling (a yellow, straw-colored wine) dengan range harga mulai dari Rp.200.000/botol.

Minuman ini aman dikonsumsi untuk anak-anak dan dewasa, selain itu bermanfaat juga untuk kesehatan tentu saja dengan takaran yang sudah ditentukan. Berminat untuk mencicip minuman ini? kita bisa langsung mendatangi ke reseller yang sudah ditentukan atau bisa menghubungi ke nomor 08112565066.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RAKOSA 105,3 FM

    RAKOSA 105,3 FM

    Rakosa 105,3 FM



    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini