Tips Hari Ini

Cara Membuat Disinfektan dan Mensterilkan Rumah

Oleh : Trida Ch Dachriza / Selasa, 24 Maret 2020 13:00
Cara Membuat Disinfektan dan Mensterilkan Rumah
Ilustrasi disinfeksi rumah

Gudeg.net—Merebaknya wabah virus corona atau dikenal sebagai Covid-19 meresahkan masyarakat. Kita dapat membantu memotong rantai penyebaran dengan tetap di rumah.

Namun, bagi yang memiliki anggota keluarga yang termasuk ke dalam kelompok rentan tertular Covid-19 tentu tetap was-was walaupun berada di rumah.

Salah satu hal yang dapat kita lakukan adalah dengan membuat disinfektan mandiri, jadi kita juga dapat mensterilkan rumah. Cara membuatnya cukup mudah dengan bahan yang cukup gampang di dapat.

Simak pembuatan disinfektan mandiri yang dilansir oleh Dinas Kesehatan Sleman dan cara mensterilkan rumah.

Pastikan penghuni rumah menggunakan alat Pelindung Diri (APD) seperti sarung tangan, masker, apron, sepatu bot. Bagi yang tidak memiliki APD di rumah bisa mensterilakn diri dengan mandi dan tetap menggunakan sarung tangan.

Persiapkan botol spray baru maupun bekas apa saja, yang penting telah dibersihkan secara menyeluruh. Siapkan gelas ukur, alat untuk mengaduk, sendok makan, ember, dan gayung.

Bahan disinfektan cukup menyediakan air bersih dan salah satu disinfektan seperti;
- natrium hipoklorit cair maupun serbuk (Bayclin, Proklin, atau pemutih/bleach lainnya),
- karbol atau lisol yang mengandung fenol,
- pembersih lantai yang mengandung benzalkonium chlorida (Obat pel SOS, pembersih dapur anti bakteri So Klin, dan semacamnya. Kandungan benzalkonium chlorida dapat dilihat di bagian belakang botol atau kantong), atau
- larutan klorin/pemutih.

Untuk membuat disinfektan cukup mencampur salah satu bahan di atas dengan takaran satu sendok makan per satu liter air untuk campuran larutan pemutih, karbol/lisol, dan larutan klorin.

Sedangkan untuk pembersih lantai yang mengandung benzalkonium chlorida menggunakan satu tutup botol per lima liter air. Ingat untuk tidak mencampur lebih dari satu macam disinfektan. Cukup gunakan salah satu.

Campur dengan air secara menyeluruh hingga benar-benar menyatu. Masukkan larutan dalam botol spray jika menggunakan botol.

Semprotkan langsung pada permukaan benda seperti dinding, lantai, karpet, pintu, lemari, meja, dan lainnya.

Jika menggunakan kain, gunakan kain bersih atau tisu untuk mengelap permukaan benda yang kecil dengan cara zigzag atau dari memutar dari tengah ke luar. Biarkan permukaan tetap basah selama 10 menit.

Apabila akan dikeringkan, gunakan kain atau tisu bersih. Langsung buang tisu ke tempat sampah tertutup. Lap dapat langsung dicuci setelah pemakaian.

Setelah disinfeksi, lepas APD dan letakkan pada tempatnya. Masker sekali pakai harus langsung dibuang ke tempat sampah yang tetutup. Cuci bersih APD jika menggunakan, lalu cuci tangan menggunkaan sabun dengan air mengalir selama minimal 20 detik.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini