Tips Hari Ini

Berhadapan dengan 'New Normal', Siapkan Ini Saat Berpergian

Oleh : Trida Ch Dachriza / Senin, 08 Juni 2020 17:00
Berhadapan dengan 'New Normal', Siapkan Ini Saat Berpergian
Ilustrasi

Gudeg.net—Walaupun new normal atau tatanan kehidupan baru masih belum akan dijalankan di Jogja, tak ada salahnya kita mengakrabkan diri dengan kebiasaan-kebiasaan baru. Tak hanya untuk melindungi diri tentunya, tetapi juga orang lain.

Dalam menjalani kehidupan baru yang berdampingan dengan Covid-19, apa saja yang kita butuhkan untuk barang-barang esensial sehari-hari saat keluar rumah? Simak saran dari Pemerintah Daerah Yogyakarta berikut.

#1 Tas
Jika biasanya semua barang masuk ke saku, sepertinya kali ini harus membawa tas untuk menampung kebutuhan-kebutuhan selama berada di luar rumah.

#2 Masker
Barang ini jelas wajib hukumnya untuk dibawa. Ada banyak tempat yang tidak mengijinkan orang masuk tanpa menggunakan masker. Lagipula, kewajiban memakai masker sudah tidak perlu diingatkan kembali, bukan?

Bawa masker cadangan. Jika memang berencana untuk berada di luar rumah untuk jangka waktu panjang (berangkat bekerja misalnya) bawa lebih dari satu masker. Masker harus diganti setiap empat jam.

#3 Kantong yang dapat ditutup
Kantong ini berfungsi untuk menyimpan masker bekas pakai kita. Harus tertutup agar bakteri maupun virus yang menempel di masker tidak menyebar kemana-mana.

#4 Tisu
Baiknya menyediakan tisu basah dan kering. Tisu basah (lebih baik jika yang mengandung disinfektan) dapat digunakan untuk mensterilkan permukaan di tempat umum (meja misalnya).

Tisu basah maupun kering dapat dipakai untuk melindungi tangan saat menyentuh gagang pintu atau harus memencet tombol umum (lift atau ATM)

#5 Jaket
Usahakan untuk selalu menggunakan jaket sebagai proteksi berlapis. Jika kita sampai ke kantor dapat kita lepaskan di area penyimpanan.

#6 Sabun cair
Penggunaan hand sanitizer yang terlalu sering dapat menyebabkan kekebalan dan kulit kering. Jika memungkinkan sebaiknya mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir.

#7 Hand Sanitizer
Hand sanitizer tetap dibawa untuk tempat yang tidak memungkinkan untuk cuci tangan.

#8 Disinfektan
Jika tidak membawa tisu basah yang mengandung disinfektan, bisa juga membawa disinfektan untuk mensterilkan permukaan di tempat umum. Jangan lupa mensterilkan dompet dan telepon genggam saat sampai di rumah.

#9 Botol minum
Walaupun ada banyak penjaja meinuman di luar sana, lebih baik membawa minuman dalam botol sendiri. Karena kita tidak tahu siapa saja yang sudah menyentuh botol yang dijajakan.

#10 Tas belanja
Sama seperti botol minum, kita dapat meminimalisir kontak dengan orang lain dengan membawa tas belanja sendiri.

Terkadang kita tidak mengetahui kapan kita akan berbelanja, jadi baiknya selalu membawa tas belanja. Kita juga dapat membantu meminimalisir peredaran plastik sekali pakai.

#11 Peralatan makan
Masih sama dengan prinsip botol minum, menggunakan peralatan makan sendiri akan lebih aman. Terutama jika kita makan di tempat umum seperti warung atau restoran.

Kita tidak tahu proses pencucian peralatan makan seperti sendok atau garpu di suatu warung atau rumah makan seperti apa. Walaupun bersih, tidak ada yang bisa menjamin pencuciannya sudah steril.

#12 Perlatan ibadah pribadi
Bagi umat muslim perempuan mungkin sering menggunakan mukena di tempat umum. Namun sekali lagi, kita tidak mungkin mengetahui siapa saja yang pernah menggunakan mukena tersebut. Jadi lebih baik membawa sendiri.

#13 Helm pribadi
Barang satu ini dikhususkan bagi pengguna ojek. Jangan menggunakan helm bawaan supir ojek. Selalu bawa helm sendiri.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    UNIMMA FM 87,60

    UNIMMA FM 87,60

    Radio Unimma 87,60 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini