Pariwisata

Desa Wisata Gunung Mijil, Wisata Sejarah hingga Sajian Kesenian

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Selasa, 04 Mei 2021 15:56
Desa Wisata Gunung Mijil, Wisata Sejarah hingga Sajian Kesenian
Obyek Wisata Dewi Gumi- Wirawan K

Gudeg.net - Desa Wisata Gunung Mijil (Dewi Gumi), Bantul, bisa menjadi pilihan destinasi yang unik. Desa ini memiliki obyek wisata edukasi sejarah petilasan Diponegoro, Gunung Mijil, sebagai daya tarik, juga kesenian. 

Aris Suharson, Ketua Pengelola Dewi Gumi, mengatakan, ketika terjadi pertempuran Pangeran Diponegoro mengusir Belanda, Gunung Mijil merupakan tempat untuk mengabarkan tanda perang dan tanda aman dengan menggunakan kentong titir, sekaligus sebagai tempat memata-matai pasukan Belanda. Tempat tersebut, lanjut Suharsono, merupakan tempat pertahanan Diponegoro sebelum menuju ke Selarong.

Baca juga: Gunung Mijil, Wisata Sejarah Petilasan Diponegoro

Ia melanjutkan, Desa Wisata ini juga sempat menawarkan berbagai paket wisata menarik yang harus terhenti ketika pandemi melanda, termasuk kegiatan menginap di homestay dengan kegiatan budaya. Sebelumnya, ada pula pertunjukan-pertunjukan yang disuguhkan yakni sendra tari, juga tari dolanan anak. 

Di samping itu, sebelum pandemi, wisatawan juga dapat mengikuti kegiatan napak tilas, dengan didandani pakaian prajurit, dengan rute Gunung Mijil ke Goa Selarong. Pulangnya, wisatawan diajak melihat pembuatan blangkon atau santap bersama. 

Obyek Wisata Dewi Gumi sendiri dapat dikunjungi dengan biaya suka rela. Suharson mengtakan, saat ini kegiatan yang masih berjalan di obyek wisata tersebut adalah pentas kesenian komunitas Koes Plus, electone dangdut, dan senam. Tempat tersebut juga dapat dipesan untuk gathering komunitas, dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Ke depannya, kalau bener-bener sudah dibuka, kita tetep profesional, ada atau tidak ada tamu, kalau bisa tari-tari itu tetep hidup," kata Suharson.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    UNIMMA FM 87,60

    UNIMMA FM 87,60

    Radio Unimma 87,60 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini