Pendidikan

Dua Prodi UKDW Lolos Program Kompetisi Kampus Merdeka

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Kamis, 10 Juni 2021 20:31
Dua Prodi UKDW Lolos Program Kompetisi Kampus Merdeka
Dok. UKDW

Gudeg.net - Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta berhasil lolos seleksi sebagai penerima bantuan Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Tahun 2021 dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Sebanyak dua program studi (prodi) di UKDW mendapatkan pendanaan ini, yakni Prodi Sistem Informasi dan Prodi Desain Produk. UKDW merupakan salah satu dari 142 perguruan tinggi di Indonesia yang mendapatkan hibah PKKM 2021.

Charis Amarantini, Wakil Rektor Bidang Akademik, Riset dan Inovasi UKDW menjelaskan, PKKM merupakan hibah dengan skema kompetisi yang bertujuan untuk mendorong, memfasilitasi, dan mempercepat perguruan tinggi untuk menerapkan kebijakan MBKM dalam mencapai delapan indikator kinerja utama.  

Program tersebut menjadi salah satu program unggulan Kemdikbud Ristek melalui Ditjen Dikti untuk meningkatkan kualitas dan relevansi lulusan program sarjana. 

Lebih lanjut Charis Amarantini mengatakan bahwa pencapaian ini merupakan hasil kerja keras bersama untuk meningkatkan kualitas lulusan dan mewujudkan kampus merdeka. 

Menurutnya, Prodi Sistem Informasi dan Prodi Desain Produk sangat siap menerapkan program MBKM melalui pemutakhiran kurikulumnya, kerja sama yang sangat kuat dengan mitra, kesempatan dosennya sebagai praktisi di dunia industri, dan sertifikasi kompetensi dosen sehingga diakui di dunia industri dan dunia kerja. 

“Dua prodi ini sangat siap menggunakan case method atau project-based learning sebagai bobot evaluasi pada mata kuliahnya, dan berkesempatan meningkatkan kualifikasi dosennya dalam rekam jejak internasional melalui riset dan pengabdian kepada masyarakat," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Gudegnet Kamis (10/6)

Ia melanjutkan, melalui hibah ini, dua prodi tersebut diharapkan bisa memaksimalkan manfaat pengembangan dari program ini, yang selanjutnya bisa berdampak terhadap program-program MBKM pada prodi-prodi lain yang ada di UKDW.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM



    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    GCD 98,6 FM

    GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini