Seni & Budaya

FKY 2021 ''Mereka Rekam'' Dibuka Hari Ini, Proses Berkebudayaan dengan Adaptasi Baru

Oleh : Trida Ch Dachriza / Kamis, 16 September 2021 20:00
FKY 2021 ''Mereka Rekam'' Dibuka Hari Ini, Proses Berkebudayaan dengan Adaptasi Baru
Pembukaan daring FKY 2021/Dok.FKY 2021

Gudeg.net—Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) 2021 “Mereka Rekam” dibuka dengan seremonial secara virtual melalui situs www.fky.id.

Berbeda dengan FKY sebelumnya, pembukaan FKY kali ini memberikan pengalaman baru untuk pengunjung. Pengunjung diajak untuk ikut meresmikan gelaran tahunan ini dengan menekan tombol di layar monitor sebagai simbol pembukaan.

Hari pertama FKY 2021 menghadirkan konten pertunjukan dari Wahyuning Kuswolo dan Wijilan Kidz. Sebelumnya, kita dapat menyaksikan video sambutan dari Dian Lakshmi Pratiwi (Kepala Dinas Kebudayaan/Kundha Kabudayan DIY), Hilmar Farid (Dirjen Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Riset, dan Teknologi), Sri Sultan Hamengku Buwono X (Gubernur DIY), dan Doni Maulistya (Ketua I FKY 2021).


Wijilan Kidz/Dok. FKY 2021

Setelah menekan tombol, masyarakat bebas menelusuri seluruh halaman web dan mengakses berbagai informasi lain di dalamnya.

“FKY 2021 menempatkan pencatatan kebudayaan sebagai visinya. Pencatatan ini merupakan upaya untuk memberi ruang bagi subjek-subjek budaya yang hadir mewakili semangat zaman, sosok pelaku budaya, cara hidup, dan yang paling utama adalah menunjukkan semangat keberdayaan yang dapat kita pelajari bersama,” ujar Doni dalam sambutannya.

Catatan-catan ini akan diberikan secara berkala dalam rentang waktu FKY berjalan. Ia berharap catatan-catatan ini akan tetap dapat diakses oleh publik walaupun FKY “Mereka Rekam” telah berakhir.


Tari Manggalatama Oleh Wahyuning Kuswolo/Dok. FKY 2021

Beragam program akan hadir secara bertahap dalam rangkaian penyelenggaraan FKY 2021 hingga 7 Oktober 2021 mendatang. Seluruh program dikerangkai dalam semangat pencatatan budaya.

Menurut Dian Lakshmi, FKY 2021 menjadi tonggak kita memaknai bagaimana proses berkebudayaan dilaksanakan di masa pandemi.

“Pencatatan budaya dengan media digital, ‘Mereka Rekam’, menjadi ruang ekspresi dan memberikan apresiasi untuk semua objek kebudayaan yang dilakukan dengan adaptasi baru,” ujarnya.

Program riset mengawali pencatatan, pembacaan, dan presentasi ulang terkait praktik dan pemaknaan kebudayaan di Yogyakarta.

Melalui program pertunjukan, semangat ini diwujudkan dalam pembacaan bahwa para pelaku budaya juga merupakan agen pencatat yang kemudian menyusun koreografi sosial dan performativitasnya.

Program pameran juga menghadirkan semangat pencatatan dengan meminjam logika penulisan serat. Para seniman yang terlibat dalam pameran FKY 2021 ditempatkan sebagai pencatat atau carik yang kemudian mempresentasikan hasil pencatatannya melalui karyanya.

Program wicara berupaya untuk mencatat gagasan dari para pakar ataupun pelaku budaya melalui ruang diskusi yang menyenangkan. Program kompetisi dihadirkan sebagai ruang partisipasi warga untuk turut serta melakukan pencatatan budaya.

Sementara itu, semangat keberdayaan warga yang muncul dari praktik keseharian yang senantiasa luput, akan dicatat melalui medium foto dan video naratif dalam program dokumenter.

Gelaran semangat keberdayaan FKY 2021 Mereka Rekam akan dilangsungkan secara daring mulai tanggal 16 September-7 Oktober 2021 di web www.fky.id.

Seluruh hasil pencatatan budaya dalam FKY 2021 dipresentasikan sebagai sumber pengetahuan, sebagai pengalaman yang menyenangkan, sebagai hiburan, sekaligus, sebagai semangat yang perlu ditularkan kepada seluruh masyarakat.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RAKOSA 105,3 FM

    RAKOSA 105,3 FM

    Rakosa 105,3 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini