Pariwisata

4 Destinasi Wisata DIY Lakukan Uji Coba Buka, Salah Satunya Ratu Boko

Oleh : Rahman / Rabu, 22 September 2021 17:17
4 Destinasi Wisata DIY Lakukan Uji Coba Buka, Salah Satunya Ratu Boko
Sejumlah seniman tari menari di pelataran Keraton Ratu Boko, Desa Bokoharjo dan Desa Sambirejo, Kapanewon Prambanan, Sleman, (24/9/2019)-Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Empat destinasi wisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mendapatkan izin untuk melakukan uji coba pembukaan di masa perpanjangan PPKM Level 3 DIY.

Keempat lokasi wisata tersebut adalah Candi Ratu Boko, Taman Merapi Park di Kabupaten Sleman dan Hutan Pinus Pengger Mangunan serta Seribu Batu Songgo Langit di Kabupaten Bantul.

“Izin telah dikeluarkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sejak tanggal 17 September 2021 kemarin,” ujar Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo, dalam keterangan tertulisnya yang diterima Gudegnet, Rabu (22/9).

Sebelumnya DIY telah mendapatkan izin uji coba pembukaan di tiga destinasi wisata yaitu Tebing Breksi di Kabupaten Sleman, Gembira Loka Zoo di Kota Yogyakarta dan Hutan Pinus Sari, Kabupaten Bantul.

Menurut Singgih, keempat destinasi wisata yang baru mendapatkan izin coba tersebut telah mendapatkan juga Quick Response Code (QR Code) aplikasi PeduliLindungi dan sertifikat Cleanliness Health Safety Environment (CHSE).

“Jadi hingga saat ini total ada tujuh destinasi wisata yang sudah melakukan uji coba pembukaan di seluruh DIY,” tuturnya.

Sementara itu, untuk kawasan wisata Malioboro, belum didaftarkan kepada Kemenparekraf karena lokasi tersebut merupakan pertokoan atau pusat belanja.

“Malioboro itu tidak seperti destinasi wisata lain yang memiliki satu pintu keluar masuk, banyak pintu masuknya. Terlebih CHSEnya juga belum memadai sebagai syarat pengajuan,” tambahnya.

Berdasarkan data aplikasi Visiting Jogja, Singgih menyampaikan, jumlah kunjungan wisatawan di tiga destinasi pertama yang diizinkan uji coba buka cukup baik.

Untuk Gembira Loka jumlah wisatawan berjumlah sekitar 100 orang, Tebing breksi 400-an orang dan terbanyak di Hutan Pinus Mangunan Bantul.

“Dari data yang ada, awalnya wisatawan sebanyak 400-1.000 orang per hari namun terus beranjak, terlebih akhir pekan. Penambahan bisa menyentuh angka 3.000 orang per hari,” kata dia.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GCD 98,6 FM

    GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini