Hiburan

Ada Yowis Ben di Yogyakarta Komik Weeks 2021

Oleh : Rahman / Rabu, 13 Oktober 2021 18:46
Ada Yowis Ben di Yogyakarta Komik Weeks 2021
Pengunjung mengamati komik Yowis Ben karya dari Ilustrator dan Komikus Aulia Azzy pada Pameran Yogyakarta Komik Weeks 2021 di Museum Sonobudoyo Yogyakarta, Rabu (13/10)-Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Komik berjudul Yowis Ben terpajang pada Yogyakarta Komik Weeks 2021 di Museum Sonobudoyo, kawasan Titik Nol Yogyakarta.

Komik yang mengadaptasi dari film generasi milenial yang sukses membuat band sekolah, yaitu Yowis Ben ini merupakan karya dari Ilustrator sekaligus Komikus muda berbakat asal Yogyakarta, Aulia Azzy.

Aulia Azzy sempat menceritakan asal mula komik Yowis Ben dapat tercipta serta proses pembuatannya pada acara Bincang Komik Yogyakarta Komik Weeks, Rabu (13/10).

Pembuatan komik ini diawali, pada saat dirinya diajak berkolaborasi untuk membuat komik dengan judul yang sama oleh salah satu Manajemen Yowis Ben, yaitu Bayu Skak yang juga pemain film Yowis Ben.

“Dulu manajemen Yowis Ben, Bayu Skak menghubungi saya melalui senior di kampus dan menawarkan untuk membuat komik Yowis Ben ini dan saya langsung tertarik,” ujar Al panggilan akrab Aulia Azzy.

Tidak lama kemudian Al diberikan skrip film Yowis Ben dan diminta untuk menerjemahkan serta menvisualkannya sesuai dengan imajinasinya.

Setelah membaca skrip film, Aulia langsung membuat story board atau papan cerita dalam bentuk menyerupai komik dan dikonsultasikan kepada Managemen Yowis Ben.

Tidak butuh waktu lama, pihak Manejemen Yowis Ben merasa semua sudah sesuai dan dimulailah pembuatan versi komik aslinya yang lengkap dan sudah berwarna.

“Proses disetujuinya terbilang cepat dan Alhamdulilah pihak Managemen tidak ada merivisi story board yang saya ajukan. Mereka langsung setuju dan langsung masuk proses pembuatan," ungkapnya.

Proses pembuatan komik itu sendiri membutuhkan waktu yang cukup panjang, yaitu sekitar 1 tahun 2 bulan untuk 216 halaman. Sejumlah kendala juga sempat ia alami, seperti kehilangan mood hingga waktu istirahat yang kurang.

Namun demi menunjukkan profesionalismenya sebagai komikus, maka ia pun mencari cara agar kendala tersebut tidak berlarut dan akan menghambat proses pembuatan komik.

"Ketika dirasa mood mulai berkurang, saya memutuskan untuk mendengarkan lagu kesukaan, seperti Oasis atau U2. Selain itu makan yang banyak, agar kesehatan terjaga karena saya sering begadang saat proses pembuatan komik ini," tuturnya.

Rencananya komik Yowis Ben akan diluncurkan berbarengan dengan rilisnya film Yowis Ben 3 pada akhir tahun ini namun ada perubahan rencana dan hasilnya untuk komik dimajukan pada 25 Mei 2021 lalu.

“Dari perubahan rencana itu diputuskan komiknya dulu yang terbit, baru filmnya di akhir tahun 2021 ini,” tambah wanita lulusan Fakultas Seni Rupa jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta ini.

Sebelumnya Al juga pernah membuat sejumlah komik secara mandiri, pernah juga bekerja sama dengan Forum Komik Jogja dan komik Yowis Ben ini adalah komik pertamanya yang dicetak oleh penerbit.  

“Ini komik pertama saya yang dicetak oleh penerbit dan sekarang sudah bisa didapatkan di sejumlah toko buku dan platform jual online yang menjual buku cerita atau komik,” ungkapnya.

Ia juga mengimbau, bagi komikus muda untuk terus berkarya walau pandemi Covid-19 masih melanda Indonesia.

“Teruslah berkarya dan memperkaya referensi agar dapat membuat karakter komik yang menjadi jati diri kita. Intinya terus latih imajinasi dan tangan kita,” imbau komikus yang tertarik membuat komik sejak sekolah dasar itu.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RAKOSA 105,3 FM

    RAKOSA 105,3 FM

    Rakosa 105,3 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini