Pendidikan

Hindari Kebosanan Belajar Sejarah dengan 'Maze Of History'

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Rabu, 09 Maret 2022 21:00
Hindari Kebosanan Belajar Sejarah dengan 'Maze Of History'
Tampilan Maze of History - foto: www.uny.ac.id

Gudeg.net - Sekelompok mahasiswa UNY membuat media pembelajaran yang dinamai Maze of History, aplikasi permainan edukatif berbasis labirin untuk meningkatkan minat belajar sejarah. 

Mereka adalah Fitri Astuti dan Raras Dhina Pangesti dari Prodi Pendidikan Sejarah dan Muhammad Faizud Daroin dari Prodi Pendidikan Teknik Informatika.

Fitri mengatakan, aplikasi Android ini dirancang dengan konsep game dengan latar belakang kerajaan. “Materi mengenai kerajaan ini disajikan dalam bentuk aplikasi game karena selama ini materi sejarah khususnya bagian kerajaan jumlahnya banyak sehingga membosankan untuk  dipelajari  oleh peserta didik,” kata Fitri, seperti dilansir oleh laman uny.ac.id, Rabu (9/3). 

Lebih lanjut dijelaskan, materi tentang kerajaan penting untuk penanaman nilai karakter seperti nasionalisme, rela berkorban, kerja keras.

Melalui permainan ini, diharapkan minat belajar sejarah yang mengandung nilai-nilai karakter akan semakin meningkat. 
Raras Dhina Pangesti menambahkan Maze of History merupakan sebuah permainan edukasi sejarah di dalam android yang menggunakan platformer sebagai medianya. 

“Permainan edukasi ini berbentuk platformer yang merupakan salah satu dari sekian banyak jenis video permainan” kata Dhina. Platformer telah banyak digunakan dalam permainan modern yang saat ini sedang berkembang terutama pada gawai. 

Permainan yang menggunakan media berupa platformer mempunyai konsep berupa karakter permainan melompat, berayun, atau memantul di antara platform yang berbentuk rintangan.

Muhammad Faizud Daroin menjelaskan Maze of History diciptakan menggunakan aplikasi yang bernama “Unity Game Engine” yang didesain dengan menggunakan perangkat komputer. 

Tampilan latar belakang dalam permainan edukasi ini yaitu mengikuti materi sejarah yang akan ditampilkan seperti kerajaan-kerajaan pada masa Hindu- Buddha. 

“Karakter yang ada di dalam permainan ini akan menyesuaikan dengan tokoh yang terdapat dalam materi yang sama” ungkap Faizud. 

Pemain akan melompati rintangan, menjawab pertanyaan kuis atau hints, dan menemukan kunci untuk membuka pintu keluar dari labirin. 

Permainan ini dapat digunakan untuk evaluasi, berupa hints bertema sejarah, dan mengasah otak untuk dapat berpikir kreatif dalam melewati rintangan-rintangan.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    GCD 98,6 FM

    GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini