Pariwisata

Jelang Libur Lebaran 2022, TWC Pastikan Kesiapan Sambut Wisatawan

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Minggu, 24 April 2022 09:00
Jelang Libur Lebaran 2022, TWC Pastikan Kesiapan Sambut Wisatawan
Candi Prambanan/Gudegnet

Gudeg.net - PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko memastikan kesiapan destinasi Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur untuk menerima kunjungan wisatawan pada masa libur Lebaran 2022.

PT TWC memprediksi libur Idul Fitri 2022 akan berbeda dengan dua tahun sebelumnya, sehingga membutuhkan persiapan yang matang dan bersinergi dengan berbagai stakeholder terkait.

Kesiapan Candi Borobudur sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) menghadapi kunjungan wisatawan pada Lebaran 2022 ini mendapat perhatian khusus dari Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr.(H.C.) K.H. Ma’ruf Amin yang mengadakan kunjungan kerja ke kawasan Borobudur, Kamis (21/4/2022), didampingi Ibu Wapres Hj. Wury Ma’ruf Amin. 

Hadir pula dalam acara kunjungan tersebut, antara lain Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury.

Kunjungan Wapres RI Ma’ruf Amin ini juga untuk meninjau pengembangan kawasan Borobudur yang telah dilakukan oleh Kementerian PUPR. Wapres RI mengapresiasi berbagai pembangunan sarana penunjang wisata di kawasan Borobudur seperti pembangunan 4 pintu gerbang, perbaikan jalan, trotoar dan lampu penerangan, juga termaksud renovasi rumah warga menjadi homestay yang bisa dimanfaatkan oleh wisatawan.

Kunjungan ini juga dilakukan untuk meninjau penataan concourse yang membuat Candi Borobudur tampak lebih megah dan indah Wapres RI juga memastikan penerapan protokol kesehatan di destinasi Taman Wisata Candi Borobudur, seperti penerapan aplikasi PeduliLindungi, pemberlakuan skrining vaksinasi bagi wisatawan yang akan memasuki kawasan.

TWC Borobudur menambahan sejumlah papan penunjuk penerapan prokes di sejumlah titik, termaksud memastikan toilet yang bersih dan nyaman bagi wisatawan sesuai standar CHSE dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Kami memastikan kesiapan layanan yang prima berbasis keselamatan yang tidak mengurangi kenyamanan wisatawan, baik berupa peningkatan sejumlah sarana di lapangan, juga bersinergi dengan stakeholder dalam memastikan protokol kesehatan, termaksud kelancaran penggunaan aplikasi PeduliLindungi," kata Direktur Utama PT TWC Edy Setijono dalam keterangan tertulis, Kamis (21/4/2022).

Kunjungan Wakil Presiden RI menjadi bukti kehadiran pemerintah dalam memastikan kunjungan wisatawan di destinasi pariwisata bisa berjalan dengan aman dan lancer. Hal ini tentunya menjadi harapan dalam mendorong proses pemulihan pariwisata serta ekonomi masyarakat, khususnya di kawasan Borobudur dan sekitarnya. TWC Borobudur akan memastikan kelancaran arus kendaraan yang akan memasuki kawasan wisata.

PT TWC berkoordinasi dengan instansi terkait, termaksud kepolisian dan Dinas Perhubungan serta masyarakat untuk menyiapkan kantong-kantong parkir cadangan di sekitar destinasi. PT TWC juga menggandeng PMI Magelang untuk mendukung ketersediaan pos kesehatan bagi wisatawan.

Destinasi TWC Borobudur memperpanjang jam operasional pelayanan wisatawan selama masa libur Lebaran 2022, mulai pukul 07.00—17.00 WIB. PT TWC memprediksi kenaikan jumlah kunjungan wisatawan selama libur Lebaran 2022 kali ini. Hal ini didukung oleh adanya Surat Keputusan Bersama Tiga Menteri yang menyatakan jadwal cuti bersama Lebaran 2022 dan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Selain itu, tingkat pemulihan pandemi yang pesat melalui program vaksinasi yang masif dilakukan, mendorong percepatan pemulihan dunia pariwisata, terutama bagi destinasi TWC Borobudur. Kunjungan ke TWC Borobudur pada musim libur Lebaran 2022 diprediksi meningkat dibandingkan dengan libur Lebaran 2021. Peningkatan jumlah wisatawan akan mulai terjadi pada 27 April 2022 (H-4) sampai 10 Mei 2022 (H+8 lebaran).

Sementara, target layanan pada destinasi TWC Borobudur selama musim libur Lebaran 2022 yaitu terciptanya keamanan dan kenyamanan wisatawan, salah satunya melalui penerapan protokol kesehatan yang ketat, sesuai standar CHSE.

"Kami mohon dukungan dan kerja sama seluruh pihak untuk memastikan kenyamanan pengunjung menjadi prioritas utama dalam momen yang dinantikan ini. Semoga TWC Borobudur bisa hadir mengobati rasa kangen wisatawan berkunjung ke destinasi kebanggaan kita bersama," katanya


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GCD 98,6 FM

    GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini