Pendidikan

SMK Muhammadiyah 2 Muntilan Lakukan Kunjungan Industri ke Citraweb

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Sabtu, 28 Mei 2022 17:00
SMK Muhammadiyah 2 Muntilan Lakukan Kunjungan Industri ke Citraweb
Kunjungan industri SMK Muhammadiyah 2 Muntilan, Sabtu (28/5) - Gudegnet/ Wirawan K

Gudeg.net - SMK Muhammadiyah 2 Muntilan melakukan kunjungan industri ke kantor PT Citraweb Solusi Teknologi, Jalan Magelang, Sleman, Yogyakarta pada Sabtu (28/5). Acara ini dihadiri sekitar 30 peserta.

Novi Setiaji Panuntun, Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMK Muhammadiyah 2 Muntilan menyampaikan, kunjungan industri merupakan salah satu program SMK untuk memberikan pengetahuan kepada siswa tentang dunia industri. Kunjungan tersebut diadakan setiap tahun. 

"Ada beberapa hal yang kita pelajari dari industri tersebut, yang pertama dari budaya kerjanya, yang kedua dari kewirausahaannya, strategi bisnis dan mental wirausahanya itulah yang nanti anak-anak biar mendapat ilmu langsung dari industri tersebut," terang Novi ketika ditemui seusai acara.

Ia menyampaikan, terdapat banyak hal menarik dalam materi yang dipaparkan dalam kunjungan kali ini, terutama materi tentang budaya kerja di Citraweb Group, di samping pemaparan materi tentang produk. 

"Itu sangat masuk sekali bagi kita, terutama untuk menambah mental anak-anak, untuk ketangguhannya lebih, kemudian kreativitasnya lebih, dan kita menjadi tahu bahwa orang itu besok kalau sudah lulus SMK, bekerja itu ternyata tidak hanya hard skill dan soft skill tetapi juga ada attitude dan juga kedisiplinan yang harus ditanamkan," katanya.

Ia berharap, seusai kunjungan hari ini para siswa menjadi lebih menyadari bahwa dunia yang sesungguhnya adalah ketika berhadapan dengan dunia kerja."Bagaimana kita menjalin komunikasi yang baik dengan klien, bagaimana kita bisa bekerja sama dalam satu tim, melaksanakan budaya-budaya industri: tertib, disiplin, dan sebagainya," katanya. 

Sementara itu, Setyo Hendrawati, salah satu pengajar SMK tersebut menyampaikan, dalam menentukan tujuan kunjungan, pihaknya mencari industri yang sesuai dengan kompetensi jurusan-jurusan yang ada di sekolah. 

Citraweb sendiri menurutnya sesuai dengan dua jurusan yang ada di sekolah tersebut yakni TJKT (Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi) dan MPLB (Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis). 

Secara khusus Setyo menyampaikan terima kasih karena Citraweb memiliki kepedulian besar terhadap pendidikan, khususnya SMK. Ia berharap, ke depan dapat terjalin kerja sama terkait sertifikasi uji kompetensi untuk siswa SMK.

Selain mendapat pengalaman belajar sesuai dengan bidangnya, pihaknya sebagai pendidik berharap, setelah lulus, para siswa memiliki mentalitas kerja yang kuat, juga soft skill yang baik. "Yang tentunya di manapun tempat kerjanya pasti soft skill itu akan menjadi suatu prioritas di samping hard skill," katanya.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    GCD 98,6 FM

    GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini