Pendidikan

UWM Open Call Application untuk Konferensi Internasional

Oleh : Mohammad Jauhar Al Hakimi / Selasa, 29 November 2022 09:29
UWM Open Call Application untuk Konferensi Internasional

Gudeg.net – Bekerja sama dengan Northern Illinois University (NIU), Universitas Widya Mataram (UWM) akan menyelenggarakan seminar internasional pada tanggal 24-25 Januari 2023 mengangkat tema KTT G20 Bali: Peran Indonesia di Panggung Global.

Seminar tersebut merupakan konferensi internasional sebagai respons pasca KTT G20 Bali dengan mengambil tiga pilar utama KTT G20 tahun 2022, yaitu arsitektur kesehatan global, transisi energi berkelanjutan, dan transformasi digital.

Melalui rilis yang diterima Gudeg.net, Senin (28/11) Wakil Rektor III UWM Puji Qomariyah menjelaskan konferensi internasional ini akan mengundang keterlibatan aktif para akademisi, praktisi, peneliti dan mahasiswa maupun masyarakat umum untuk memperbincangkan permasalahan global dari berbagai perspektif, baik dari disiplin ilmu humaniora, ilmu kesehatan, ilmu sosial politik, ilmu lingkungan, dan bidang teknologi digital, sehingga mampu memberikan berbagai pandangan ilmiah tentang G20.

“Sebagai institusi akademis, UWM akan terys terlibat aktif dalam memperbincangkan permasalahan global yang sedang dibahas dunia, memberikan pandangan atau perspektifnya terkait dengan keikutsertaan Indonesia pada G20 dan melakukan kajian analisis tentang kontribusi  KTT G20 yang diselenggarakan di Bali memberikan sumbangan nyata untuk negara-negara maju.” jelas Puji Qomariyah.

Puji menambahkan G20 merupakan forum ekonomi utama dunia yang memiliki posisi strategis karena secara kolektif mewakili sekitar 65 persen penduduk dunia, 79 persen perdagangan global, dan 85 persen perekonomian dunia. Negara besar dan berpendapatan menengah memiliki pengaruh ekonomi secara sistemik sehingga penting untuk diikutsertakan dalam perundingan demi mencari solusi permasalahan ekonomi global. Indonesia adalah satu dari beberapa negara yang memiliki kekuatan ekonomi besar. Diharapkan seminar internasional ini menjadi media penjembatan bagi para akademisi, peneliti, dan pemangku kepentingan untuk berbagi gagasan dalam tiga pilar tersebut yakni bidang Arsitektur Kesehatan Global, Transformasi Ekonomi Digital, dan Transisi Energi yang pada akhirnya berkontribusi bagi keberlanjutan dan kemakmuran bagi dunia.

“Pentingnya kerjasama dengan perguruan tinggi lain termasuk dengan NIU sebagai upaya meningkatkan kinerja dan mutu perguruan tinggi dan juga untuk membangun jejaring/networking, promosi, reputasi, kepercayaan, diri sivitas akademika (mahasiswa dan dosen). Sinergi dan kerjasama antar perguruan tinggi  adalah bagian dari langkah maju bersama menghadapi masa depan yang penuh tantangan.” imbuh Puji.

Konferensi internasional akan dihelat secara hybrid dalam bauran daring-luring menghadirkan pembicara dari beberapa negara diantaranya Robert Brinkman (guru besar dan Dekan College of Liberal Arts and Science NIU - USA), Meredian Alam (asisten guru besar University Brunei Darussalam), Javier Gil Perez (guru besar Universidad Pontificia Comillas, Spanyol), Tim Lindsey (guru besar University of Melbourne, Australia), Sonny Zulhuda (assoc. guru besar International Islamic University, Malaysia). Sementara dari dalam negeri akan menghadirkan pembicara Edy Suandi Hamid (guru besar dan pakar kebijakan dan ekonomi pembangunan) yang saat ini menjabat sebagai Rektor UWM, GKR. Mangkubumi (anggota Parampara Praja Pemda DIY), Ambar Rukmini (guru besar Teknologi Pangan UWM).

Rangkaian acara seminar internasional meliputi Plenary Session: Seminar Internasional (24/1/2023) serta Parallel Session dalam bentuk presentasi paper secara onsite dan online (25/1/2023).

Terkait acara tersebut panitia bersama konferensi internasional membuka undangan (Open Call Application for Papers) bagi akademisi, mahasiswa S1, S2, dan S3 (Sarjana, Pascasarjana/Magister, dan Doktoral), praktisi, peneliti, pemerhati masalah sosial, politik, hukum dan ekonomi, serta masyarakat umum untuk terlibat dalam konferensi tersebut baik sebagai peserta maupun untuk mempresentasikan artikel ilmiah/paper.

Informasi lengkap seputar acara konferensi internasional dan teknis Open Call Application for Papers bisa menghubungi panitia bersama Universitas Widya Mataram (UWM) - Northern Illinois University (NIU) melalui Cahya Purnama Asri (mobile: +62-85643200962/ email: cahya_purnama@widyamataram.ac.id , cahyapurnama.uwm@gmail.com ) atau Daniel McCoy (phone : +1 504) 430-8761/email: Z1856323@students.niu.edu).


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini