Kesehatan

Skip Challenge Ternyata Berbahaya, Ini 6 Alasan Diantaranya

Oleh : Budi W / Selasa, 14 Maret 2017 13:00
Skip Challage Bahaya Banget Lho

 

Yogyakarta, www.gudeg.net - Skip challenge yang sering dilakukan oleh pelajar SMA dan SMP ternyata bisa berakibat fatal. Dampak fisik yang terasa yakni semacam terserang hipoksia (suatu keadaan kekurangan oksigen yang bisa menyebabkan permasalahan kesehatan). tidak saja berdampak pada organ otak dan syaraf, tetapi bisa berdampak pula pada organ-organ lain seperti organ lambung dan pencernaan. Berikut Tim Gudegnet sajikan informasinya agar kita semua paham akan bahaya permainan satu ini.

#1 Ahli saraf dari UGM, Dr.dr. Cempaka Thursina, Sp.S menyebutkan skip challenge merupakan tindakan yang sangat membahayakan keselamatan jiwa. dada ditekan selama beberapa saat yang kemudian akan mengurangi pasokan oksigen ke otak yang akan menimbulkan hilangnya kesadaran maupun kejang. Jika kadar oksigen di otak rendah selama 2-3 menit, maka otak akan mengalami gangguan. Bila lebih dari itu bisa menimbulkan kerusakan otak bahkan kematian.

#2 Kerusakan otak dalam jangka panjang akan memengaruhi kemampuan kognitif. Sel otak yang rusak berdampak pada gangguan berpikir dan perubahan memori. Kerusakan otak akibat kekurangan oksigen dapat memunculkan stroke. Selain itu, berbagai penyakit lain seperti kebutaan, tuli, dan lainnya.

#3 Skip Challange berisiko pada retak atau patahnya tulang iga karena tekanan kuat di daerah dada. Tulang iga yang retak bisa menusuk paru-paru dan mengakibatkan perdarahan pada organ ini.

#4 Menurut Psikolog UGM, Prof. Koentjoro mengatakan bahwa salah satu alasan para remaja mengikuti skip challange karena ingin mencari tantangan. Tantangan ini dilakukan sebagai cara untuk menguji adrenalin. Selain menantang, skipp challange digunakan remaja sebagai salah satu cara untuk menarik perhatian. Dengan mengikuti tantangan ini mereka berharap akan mendapatkan pujian, dianggap berani, hebat, serta populer.

#5 Masalahnya, tidak banyak remaja yang mengetahui bahaya dan risiko melakukan skipp challange ini. Karenanya, Koentjoro menekankan pihak sekolah untuk memberikan perhatian serius terhadap aktivitas siswanya di lingkungan sekolah. Tantangan permainan tersebut berbahaya tidak hanya bagi kesehatan tubuh, tetapi juga menimbulkan dampak psikologis berupa ketagihan melakukan hal serupa secara berulang.

#6 Saran untuk sekolah, Koentjoro agar pihak sekolah diharapkan bisa mensosialisasikan risiko dan bahaya dari skip challange. Disamping itu, secara tegas menindak para siswanya yang melakukan tantangan berbahaya tersebut.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    CJDW 107 FM

    CJDW 107 FM

    CJDW 107 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini