Pendidikan

Wow, Penemuan dari UGM! Formula Ini Bisa Sembuhkan Luka Diabetes

Oleh : Budi W / Selasa, 20 Juni 2017 14:00

 

www.gudeg.net, Yogyakarta - Bulan puasa tetap membuat sekumpulan mahasiswa ini tetap bersemangat merilis hasil penelitian mengenai kopi robusta yang dapat berfungsi menyembuhkan luka diabetes. Formula herbal ini dikembangkan oleh teman-teman di FKH dan Fakultas Farmasi UGM.

Formula yang bernama Roco Gel ini merupakan buatan mahasiswa kece yang diantaranya adalah Giovani Oka Putra Caesar, Siti Hartinah, Maulana Supama Putra, Fakhri Husain dan Diana Octavirena Antaresty.

Sebagai ketua tim peneliti, Diana menerangkan bahwa proses penyembuhan luka diabetes melalui obat herbal ini karena kopi robusta memiliki kandungan aktif berupa chlorogenic acid dan cafffein yang berfungsi sebagai anti bakteri. Nah, kandungan kedua senyawa itu ternyata dapat mempercepat proses penyembuhan terutama pada penderita diabetes yang terinfeksi MRSA.

"Orang yang terkena MRSA bisa lebih lama sembuh luka sakitnya," jelas Diana.

Para mahasiswa ini menggunakan biji kopi merapi yang diambil dari lereng merapi minimal biji yang sudah matang. Setelah itu biji disangrai hingga kering, lantas digiling. Hasil gilingan biji kopi kemudian diekstrak yang kemudian dibuat menjadi gel berbasis gel CMC-Na dengan konsentrasi ekstrak kopi robusta sebanyak 15 persen.

"Untuk mengetahui khasiatnya, percobaan ini kami terapkan pada tikus wistar dengan luka biopsy yang telah diinduksi diabetes tipe 2. Sebelumnya, luka tersebut diinfeksikan bakteri Staphylococcus aureus resiten Methicillin (MRSA)," katanya.

Dalam jangka waktu tertentu, yakni sekitar setengah bulan lamanya, tikus wistar diberi treatment gel sebanyak 2 kali pada pagi dan sore hari. Hasil dari penelitian ini, Roco Gel yang diterapkan pada tikus menunjukkan efek positif pada luka dan lama-lama mengering.

Dibawah arahan serta bimbingan drh. Cristhin Marganingsih Santosa, M.Si, gel ekstrak kopi robusta memiliki aktivitas anti bakteri terhadap bakteri Staphylococcus aureus resiten Methicillin (MRSA). Bahkan terbukti mampu mempercepat penyembuhan luka.  

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    Elja Radio

    Elja Radio

    Radio Komunitas Radio komunitas yang berafiliasi kepada Elja Media Corp. official media PSS Sleman


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini