Pariwisata

Suasana Tempo Dulu di Kampoeng Mataraman

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Selasa, 04 Juli 2017 18:00
Kampung Mataraman-Gudegnet/ Karni N
 

www.gudeg.net, Yogyakarta - Di daerah Panggungharjo, Bantul, ada sebuah desa yang dibuat layaknya jaman Kerajaan Mataram Islam di masa lalu. “Kita menggunakan tanah kas desa. Pengelolaannya melalui Bumdes (Badan Usaha Milik Desa). Kampung Mataram ini merupakan salah satu unit usaha yang dimiliki Bumdes,” kata Eko Pambudi, ketua pelaksana Bumdes Panggung Lestari, Bumdes di Panggungharjo.

Eko menceritakan bahwa pihaknya ingin membuka wisata edukasi yang mengangkat Kerajaan Mataram. “Seperti museum tapi museum hidup,” kata Eko. Konsepnya adalah menghadirkan kembali kampung tempo dulu di abad 19 jaman Mataram Islam dimana belum ada listrik. Akan dibuat miniatur perkampungan tempo dulu baik dari segi sandang, papan, maupun pangan.

Jika ingin berkunjung bersama rombongan, akan mendapatkan edukasi, outbond pedidikan, permainan tempo dulu yang telah banyak ditinggalkan seperti misalnya permainan egrang, dan ancak-ancak alis. Ketika tamu datang perorangan atau keluarga, permainan tradisional juga akan disediakan untuk anak-anak, sambil orang tuanya menikmati makan siang.

Saat ini Kampung Mataraman sudah bisa dikunjungi. Soft launching telah dilakukan pada 29 Juni 2017 lalu. Saat ini pengelola tengah melihat respon dari pengunjung, sebelum grand opening yang rencananya akan dilakukan pada Bulan Oktober tahun ini. Sudah dibangun setidaknya ada empat bangunan berupa pendopo, dapur, dan semacam panggung bergaya masa lalu.

Biayanya, untuk paket rombongan dan perorangan dihargai Rp.10.000 hingga Rp 15.000 untuk permainannya. Untuk makanan berupa nasi dan sayurnya dihargai Rp 8.500, akan disajikan di dapur. Menu-menunya, adalah sayur jaman dulu seperti aneka sayur lodeh. Seperti di masa lalu, masakan di sini tidak menggunakan MSG, dan dimasak menggunakan kayu bakar. Proses membuat api dari kayu bakar atau gegenen dapat juga dilihat dan dipelajari oleh anak-anak.

Sebuah tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi bukan? Tak sekedar untuk berfoto, namun juga mengandung edukasi tentang kearifan lokal masa lalu. Lokasinya ada di Ringroad Selatan, Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Bantul. 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    Elja Radio

    Elja Radio

    Radio Komunitas Radio komunitas yang berafiliasi kepada Elja Media Corp. official media PSS Sleman


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini