Kesehatan

Susu Ini Bikin Nafsu Makan Turun, Berani Diet?

Oleh : Budi W / Rabu, 12 Juli 2017 14:23
Susu Kacang Tanah kreasi Mahasiswa UGM

 

www.gudeg.net, Yogyakarta - Banyak yang curhat kalau menurunkan berat badan itu susah, padahal hanya dengan mengasup susu yang terbuat dari kacang tanah ternyata bikin nafsu makan turun lho. Penelitian yang dilakukan oleh sejumlah mahasiswa UGM ini membuat minuman alternatif pencegah obesitas. Riset yang digawangi oleh Sekar Risdipta Savitarasmi, Meilisa Khoiriya, Raka Permana Adlin Putra dari Fakultas Kedokteran, Sri Wening Kurniajati dari Fakultas Kedokteran Hewan, dan Wahyu Setyaning Budi dari Fakultas Teknologi Pertanian ini dilaksanakan di bawah bimbingan Harry Freitag Luglio Muhammad, S.Gz., MSc.

Sekar mengatakan bahwa obesitas terjadi karena nafsu makan tak terkendali. "Keinginan untuk makan ditentukan oleh otak, nukleus arkuata bagian dari hipotalamus menghasilkan hormon serotonin. Hormon serotonin ini memiliki fungsi menurunkan nafsu makan dan penginduksi kepuasan makan," kata sosok yang juga menjadi Ketua pengembang SUKATA tersebut.

Penelitian kemudian berlanjut pada kacang tanah. Untuk membuktikan efek susu kacang tanah dalam menurunkan nafsu makan dilakukan percobaan pada 30 ekor tikus Sprague Dawley.  Susu kacang tanah diberikan melalui sonde oral pada tikus yang diberi pakan tinggi lemak dan tinggi fruktosa. Hal ini dilakukan untuk menginduksi obesitas pada tikus. Setelah 25 hari perlakuan dilakukan pengambilan plasma darah tikus untuk melihat kadar serotonin yang selanjurnya akan dianalisis.

Selain itu, pada kelompok yang diberi perlakuan SUKATA juga mengalami penurunan nafsu makan. Hal ini membuktikan bahwa SUKATA dapat membantu mencegah terjadinya perubahan berat badan secara berlebihan yang dapat memicu terjadinya obesitas. Pembuatan susu kacang tanah ini tidak hanya menjadi soulsi mencegah terjadinya obesitas di Indonesia. Namun, juga mendukung diversifikasi olahan pangan fungsional berbasis kacang tanah yang masih sangat terbatas dan belum dikenal masyarakarat secara  luas.

“Susu kacang tanah ini bisa menjadi solusi untuk mencegah terjadinya obesitas di Indonesia dan menjadi produk alternatif diversifikasi olahan pangan dari bahan kacang tanah”, pungkasnya. 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini