Tips Hari Ini

Efisiensi Energi di Rumah, Cara Baik untuk Hemat

Oleh : Trida Ch Dachriza / Selasa, 14 November 2017 13:28
Ilsutrasi Kabel Listrik-Gudegnet/Trida

 

www.gudeg.net, Yogyakarta - Penghematan energi belum menjadi prioritas untuk kebanyakan warga. Padahal, sumber energi tidak lestari, alias dapat habis. Beberapa sumber energi terbarukan seperti tenaga surya, tenaga angin, tenaga air, energi panas bumi, dan energi biomassa sudah gencar dimajukan, tetapi masih belum cukup untuk memenuhi kuota kebutuhan.

Mari mulai dari diri sendiri dan sekitar kita untuk melestarikan energi yang ada saat ini. Lewat penghematan energi, kita dapat menghemat pengeluaran juga.

#1 Minimkan phantom load

Phantom load maksudnya energi yang dikonsumsi oleh peralatan elektronik yang sedang ditancapkan di soket, tetapi tidak sedang digunakan. Cabut peralatan listrik yang tidak digunakan, atau gunakan power strip/terminal yang memiliki tombol on/off.

#2 Gunakan peralatan elektronik yang rendah konsumsi energi

Saat akan mengganti perlatan elektronik yang sudah tidak terpakai pilih yang ramah lingkungan untuk gantinya. Cari logo energy star pada produk. Turunkan tingkat kecerahan di gadget, monitor, atau TV untuk menghemat energi/baterai.

#3 Ganti lampu

Ganti bohlam di rumah dengan lampu CFL (Compact Fluorescent Light) atau LED (Light Emitting Diode). Lampu CFL menggunakan energi 75% lebih sedikit, dan bertahan 10x lebih lama dibandingkan lampu incandescent. Sedangkan lampu LED menggunakan energi 85% lebih sedikit, dan bertahan 20x lebih lama. Jangan lupa juga untuk selalu matikan lampu yang tidak terpakai.

#4 Penggunaan AC

Saat menggunakan pendingin ruangan AC, pastikan pintu dan gorden tertutup untuk mempercepat proses pendinginan ruangan dan membuat AC bekerja lebih ringan.

#5 Kipas angin

Jika memungkinkan, pilih kipas angin di langit-langit rumah dibanding AC. Pilih putaran kipas berlawanan dengan jarum jam untuk menarik udara panas ke atas. Saat dingin pilih sebaliknya.

#6 Tetesan air

Perhatikan jika ada keran yang menetes, toilet yang bocor, tutup aliran air saat tidak digunakan. Terutama jika masih menggunakan meteran air, pengeluaran bisa berkurang dengan signifikan saat semua aliran air yang tak terpakai dihentikan.

#7 Mesin cuci

Tunggu sampai pakaian kotor dalam berat maksimal untuk mesin cuci. Jangan mencuci sedikit-sedikit. Air yang dipakai untuk mencuci dalam moda ringan menggunakan air lebih dari separuh moda penuh. Kapasitas pengeringnya sama. Saat matahari terik, jemur pakaian alih-alih menggunakan pengering.

#8 Sampah

Atur dan daur ulang sampah kita. Hal yang sederhana semacam memisahkan sampah daur ulang dan sampah organik memiliki dampak yang signifikan untuk semua.

Hasil besar dimulai dari langkah kecil. Jadi tunggu apa lagi, ayo kita mulai sekarang.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini