Tips Hari Ini

Tips Berhemat di Tanggal Tua

Oleh : Thia Destiani / Jumat, 03 Juli 2015 05:21

Menurut kamus Gudegnet “Tanggal Tua” adalah saat-saat menegangkan menjelang akhir bulan yang ditandai dengan fenomena menipisnya dompet. Baik orang kantoran atau anak kuliahan pasti pernah mengalami hal ini. Tidak jarang banyak yang kalang kabut dengan urusan finansial ketika tanggal tua datang. Agar dompet Anda tetap aman di tanggal tua, simak tips dari Gudegnet berikut ini.

Buat Daftar Prioritas di Awal Bulan

Ketika Anda mendapatkan gaji atau kiriman uang dari orang tua, pastikan membuat skala prioritas untuk pengalokasian dana. Bayar utang, belanja kebutuhan pokok sehari-hari, bayar uang kontrakan/kost, bayar uang kuliah/sekolah, dan bayar kredit kendaraan merupakan beberapa contoh pengeluaran yang harus diprioristaskan. Jangan menggunakan dana untuk keperluan lain jika prioritas Anda belum terselesaikan.

Setelah daftar prioritas sudah terbayarkan, maka sisihkan dan atur uang Anda untuk kebutuhan lain. Jangan memaksakan diri untuk membeli barang incaran kalau uang Anda tidak mencukupi. Lebih baik menabung terlebih dahulu, sehingga Anda tidak mengorbankan keperluan pembiayaan lain yang lebih penting.

Makan yang Sederhana Saja

Makan menu yang sederhana bukan berarti harus makan makanan yang tidak enak. Walaupun sederhana, Anda tetap dapat memilih makanan yang sehat dan enak. Banyak warung makan yang menyediakan berbagai pilihan menu makanan yang sehat dan murah. Jangan memaksakan diri untuk makan di resto atau cafe kalau uang Anda tidak mencukupi.

Jangan Memaksakan Diri untuk Begaul Saat Bokek

Mendapatkan hiburan dan refreshing adalah kebutuhan semua orang. Ajakan untuk nonton di bioskop, karaoke, nongkrong di café, atau liburan ke tempat-tempat wisata tidak jarang datang saat keuangan Anda tidak mendukung. Dalam kondisi seperti itu jangan ragu untuk menolak ajakan teman Anda, kecuali Anda akan ditraktir. Lebih baik menunda rencana gaul Anda sampai kondisi keuangan membaik.

Nah, sekarang sudah tidak bingung lagi kan ketika tanggal tua? Disiplin dan atur dengan baik pengeluaran Anda, niscaya Anda akan terbebas dari jeratan tanggal tua. Demikian tips dari Gudegnet semoga bermanfaat bagi Anda. 

(Foto: charliepage.com)

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini