Tips Hari Ini

Tips Menyelesaikan Skripsi dengan Cepat

Oleh : Thia Destiani / Jumat, 03 Juli 2015 07:32

Kapan wisuda? Pertanyaan tersebut mungkin merupakan salah satu pertanyaan paling menyebalkan selain pertanyaan “kapan nikah?”. Bagi mahasiswa yang telah masuk pada tahapan mengerjakan skripsi, lulus dengan cepat, mendapat nilai bagus, dan wisuda adalah hal-hal yang sangat diidam-idamkan. Namun, seringkali mahasiswa terjangkit virus malas selama mengerjakan skripsi. Akhirnya penyelesaian skripsi menjadi tertunda.

Bagi Anda yang sedang menghadapi deadline penyelesaian skripsi, simak tips dari Gudegnet berikut agar waktu Anda tidak terbuang percuma dan segera wisuda.

Ingat, Selain Menuntut Ilmu, Tujuan Kuliah Adalah Mendapatkan Gelar Kesarjanaan

Memperoleh gelar sarjana merupakan puncak dari proses Anda menempuh pendidikan selama di perguruan tinggi. Jangan hanya berdalih dengan slogan “yang penting punya pengalaman selama kuliah, gelar itu urusan belakang”. Banyaknya pengalaman dan wawasan yang Anda dapat selama di kampus merupakan hal yang penting, tapi menyempurnakannya dengan gelar kesarjanaan adalah keutamaan. Karena tidak dapat dipungkiri jika Anda menginginkan pekerjaan idaman, maka gelar yang Anda peroleh merupakan salah satu kualifikasi yang sangat dipertimbangkan oleh perusahaan.

Kerjakan Skripsi dengan Topik yang Paling Anda Kuasai

Pilih skripsi dengan topik yang paling Anda kuasai, jangan memaksakan diri mengerjakan topik yang tidak Anda pahami. Kalau tidak ada yang Anda kuasai carilah topik yang dikuasai teman Anda. Maksudnya adalah ketika Anda kesulitan ketika mengerjakan skripsi, Anda dapat berdiskusi dengan teman yang lebih paham, sehingga skripsi Anda tidak macet di tengah jalan karena kebingungan merangkai kata.

Ingat Orang Tua Anda

Ingatlah bahwa semakin cepat Anda lulus maka akan semakin hemat orang tua Anda dalam mengeluarkan uang untuk biaya kuliah Anda. Bukan hanya masalah besarnya biaya kuliah yang harus Anda pikirkan, namun pikirkan juga betapa bangganya Orang Tua Anda nanti ketika melihat Anda diwisuda.

Jangah Menyerah dengan Dosen Pembimbing

Kebanyakan dosen adalah orang sibuk, jadi buatlah janji konsultasi yang dapat ditepati oleh dosen Anda. Tidak perlu sungkan atau takut untuk membuat janji bimbingan dengan dosen Anda, karena sudah menjadi kewajiban dosen pembimbing untuk membimbing Anda menyelesaikan skripsi. Buatlah komitmen dengan diri Anda sendiri untuk konsekuen dengan waktu pengerjaan skripsi yang ditetapkan. Lebih cepat lebih baik dan jangan molor.

Jangan Takut Salah

Kerjakan dan kerjakan! Tidak perlu khawatir tentang hasil akhir skripsi Anda, yang penting Anda sudah mengerahkan kemampuan dengan sebaik dan seoptimal mungkin. Jika masih ada kekurangan, Anda masih dapat menyempurnakannya melalui revisi setelah pendadaran. Yang penting buat target yang realistis dan selesaikanlah dengan penuh tanggung jawab.

Demikian tips dari Gudegnet semoga dapat menjadi motivasi bagi Anda untuk segera menyelesaikan skripsi. Jangan malas dan tetaplah semangat demi masa depan yang cerah ceria. Nantikan tips Gudegnet lainnya yang lebih seru dan menarik selanjutnya.

(Foto: dreamfetcher.com)

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini