Tips Hari Ini

Tips Mudik Aman, Nyaman dan Menyenangkan dengan Kendaraan Pribadi

Oleh : Karni Narendra / Rabu, 21 Juni 2017 14:05

 

www.gudeg.net, Yogyakarta - Liburan kali ini termasuk liburan panjang, karena selain libur lebaran, anak-anak sekolah juga sudah mulai libur semesteran. Moment ini banyak digunakan perantau untuk mengunjungi kampung halaman. Karena waktunya tepat untuk bersilahturahmi dan sekalian liburan. Bagi yang mau mudik dengan kendaraan pribadi, tips-tips berikut bisa diperhatikan agar mudik aman, nyaman dan selamat sampai tujuan:

#1 Cek kondisi kendaraan

Pastikan kendaraan yang kamu bawa dalam kondisi bagus, baik itu motor maupun mobil. Karena kondisi kendaraan mempengaruhi perjalanan kamu,jangan sampai kendaraan kamu macet di jalan dan menghambat perjalanan kamu.

#2 Pastikan kamu membawa surat-surat kelengkapan kendaraan

Surat kelengkapan kendaraan jangan sampai ketinggalan. Hal ini penting apabila ada operasi simpatik dari kepolisian kamu bisa menunjukan surat kendaraan tersebut.

#3 Jangan membawa beban melampaui batas

Perhatikan batas beban kendaraan yang kamu kendarai,jangan sampai kamu membawa barang-barang yang terlampau banyak. Selain ribet, tentunya juga akan menambah beban kendaraan.

#4 Jangan lupa membawa peralatan bengkel kecil

Pastikan peralatan ini ada di mobil kamu (dongkrak, obeng, tang, kunci pas, dan lain-lain). Jangan sampai waktu keadaan darurat kamu kebingungan karena tidak ada bengkel yang buka.

#5 Kotak P3K jangan sampai ketinggalan

Cek kembali kotak p3k jangan sampai ketinggalan. Perlengkapan  kecil ini bisa menjadi hal sangat penting sewaktu ada kejadian tak terduga.

#6 Pastikan supir/pengemudi dalam keadaan sehat

Stamina pengemudi merupakan hal terpenting dalam melakukan perjalanan jauh. Jadi pastikan stamina fit agar mudik lancer dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Apabila supir mengantuk atau pusing lebih baik digantikan. Seumpama tidak ada pengganti lebih baik beristirahat terlebih dahulu di rest area.

#7 Bawa uang tunai yang cukup

Selama perjalanan belum tentu ada mesin ATM di setiap jalan yang dilalui. Padahal kemungkinan kita akan mengisi BBM atau sekedar mampir rumah makan atau toko dan tidak semua toko ada mesin auto debit, itu pentingnya kita membawa uang tunai yang cukup.

#8 Bawa bekal makanan dan minuman yang cukup di kendaraan

Selama perjalanan tidak menutup kemungkinan kita akan lapar dan haus. Jadi pastikan kamu membawa bekal makanan dan minuman yang cukup sehingga tidak kelaparan di dalam mobil. Hal ini mengantisipasi sewaktu ada kemacetan di jalan.

#9 Aktifkan GPS

Bagi kamu yang masih ragu dengan rute perjalanan GPS ini penting. Namun sebelumnya pastikan tujuan kamu tepat dan jangan lupa titik koordinat juga harus tepat. Namun apabila GPS ini tidak bisa membantu kamu bisa menggunakan penduduk setempat untukm menanyakan arah.

 

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini