Tips Hari Ini

Tips Agar Badan Selalu Segar Meskipun Berpuasa

Oleh : Karni Narendra / Selasa, 06 Juni 2017 14:30
doc.The Odyssey Online

 

www.gudeg.net,Yogyakarta - Selama berpuasa sering kali kita merasakan badan cepat lelah,pusing dan mengantuk. Hal ini terjadi karena adanya perubahan pola makan dan pola istirahat kita dan  tentu saja  hal tersebut menghambat aktivitas kita baik di tempat kerja maupun di rumah.  Bisa karena kita kurang istirahat dan kurang tidur maka badan serasa lebih cepat capek. Beberapa tips berikut bisa membantu untuk menjaga badan agar selalu segar meskipun berpuasa  :

#1. Perbanyak makan sayur dan buah

Sewaktu kita sahur terkadang kita Cuma mengambil  cara praktis saja,semisal mengkonsumsi makanan instan atau  mengkonsumsi makanan  yang sudah dihangatkan. Coba hal tersebut diubah dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayuran. Karena kandungan serat yang tinggi sehingga cocok untuk menahan lapar dan diimbangi dengan nilai giszi yang banyak.

#2 Perbanyak minum air putih

Jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih, baik itu waktu sahur dan waktu berbuka. Karena air putih membantu kita untuk menetralkan tubuh kita dan pencegah dehidrasi

#4. Kurangi makanan yang berkolesterol  sewaktu berbuka puasa

Ini penting bagi yang mempunyai penyakit kolesterol tinggi . Karena sewaktu berbuka kita terkadang kalap melihat makanan-makanan yang berlemak  dan enak (contoh: gorengan) . Hal ini harus kita control ,alangkah baiknya apabila kita mengawali berbuka dengan kurma dan minum air putih baru kemudian minuman manis.

#5. Usahakan tidur cukup

Pola tidur sewaktu bulan Ramadan memang berubah,dimana kita harus bangun dini hari untuk sahur dan siangnya dipergunakan untuk beraktivitas dan bekerja. Tentu saja hal tersebut mempengaruhi kondisi tubuh karena kurang istirahat. Untuk menghindari hal tersebut usahakan tidur cukup,kurangi begadang,esok paginya kita pasti lebih fresh.

#6. Melakukan olah raga kecil

Berpuasa tidak menghalangi kita untuk tetap berolah raga , olah raga ini membantu  kita untuk menjaga kesehatan tubuh. Kamu bisa melakukan olah raga kecil seperti  jalan-jalan di pagi hari selepas sholat shubuh atau jalan-jalan sore menjelang berbuka.

#8. Beri jeda untuk makan  makanan berat

setelah berbuka dengan camilan/snack jangan langsung makan besar ,karena kondisi perut yang kosong selama 8 jam apabila langsung diisi banyak akan kram. Makan malam sebaiknya dilakukan setelah jeda 1 jam dari makan camilan, hal ini membantu pencernaan untuk bekerja secara optimal dan menghindari kita dari kekenyangan.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    CJDW 107 FM

    CJDW 107 FM

    CJDW 107 FM


    Radio GCD  98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini