Tips Hari Ini

Berolahraga Saat Puasa Membuat Badan Lebih Bugar

Oleh : Trida Ch Dachriza / Rabu, 15 Mei 2019 10:09
Berolahraga Saat Puasa Membuat Badan Lebih Bugar
Ilustrasi berlari


Gudeg.net—Bulan puasa terkadang bisa menjadi tantangan untuk tubuh. Setelah berpuasa selama 13-14 jam, kita jadi otomatis melewatkan olah raga karena merasa lemas. Padahal tidak selalu begitu kenyataannya.

Sebuah penelitian oleh Stephen R. Stannard menyatakan menjalankan puasa selama bulan Ramadan akan meningkatkan kemampuan adaptasi tubuh untuk proses pembakaran lemak dan penyimpanan karbohidrat di dalam otot dan hati.

Dengan demikian tubuh tidak mudah lemas saat asupan glukosa rendah karena tubuh mempunyai cadangan makanan untuk diolah. Proses adaptasi tersebut akan lebih dirasakan manfaatnya apabila kita tetap aktif berolahraga meski sedang berpuasa.

Saat berpuasa, biasanya kita akan merasa lapar pada jam 10.00 atau 11.00 siang, namun saat jam 12.00 hingga 13.00 tubuh akan mulai merasa lebih bugar.

Kondisi ini bisa terjadi karena pada jam 12.00 tubuh akan mulai mengompensasi rasa lapar dengan cara mengeluarkan cadangan makanan yang ada di dalam tubuh (glikogen dan asam lemak), untuk menjadi sumber energi.

“Dengan demikian tubuh akan kembali merasa segar,” papar dr. Sandi Perutama Gani, Medical Expert Combiphar.  Combiphar adalah perusahaan farmasi yang menaungi 80 produk unggulan seperti OBH Combi, Insto, JointFit gel, dan banyak lagi.

Olahraga dapat dilakukan setelah sahur atau menjelang berbuka. Rutinitas berolahraga dapat tetap dilanjutkan dengan beberapa penyesuaian seperti durasi dan intensitas olahraga.

Berikut tips aktif berolahraga saat sedang berpuasa dari Diraja Permata Sutan juga dari Combiphar yang memiliki sertifikasi LesMills BODYPUMP;

#1 Lakukan olahraga dengan intensitas sedang seperti training lari 5K, yoga atau kelas dance setelah mengonsumsi takjil air putih dan tiga – lima buah kurma.

#2 Olahraga dengan intensitas tinggi seperti body combat, body pump atau angkat beban dapat dilakukan satu jam setelah berbuka dengan makan berat.

#3 Jika dilakukan setelah berbuka, mengonsumsi pisang setelah melakukan olahraga intensitas berat dapat membantu mengembalikan energi dengan cepat dan membantu tubuh terasa lebih nyaman sehingga waktu istirahat menjadi lebih optimal. Bye bye, lemas!

#4 Mengajak anggota keluarga atau teman untuk berolahraga bersama sebagai ganti waktu ngabuburit. Biasanya, olahraga yang dilakukan bersama teman/keluarga akan terasa lebih menyenangkan.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    UNIMMA FM 87,60

    UNIMMA FM 87,60

    Radio Unimma 87,60 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini