Tips Hari Ini

5 Cara Agar Tidak Telat Sahur

Oleh : Thia Destiani / Rabu, 01 Juli 2015 07:18

Menjalankan ibadah puasa dengan lancar dan nyaman adalah harapan setiap kaum Muslim. Salah satu faktor yang mendukung lancarnya ibadah puasa adalah asupan makanan dan minuman yang masuk ke tubuh saat berbuka dan sahur. Namun, sebagian orang merasa cukup berat untuk melakukan santap sahur dengan alasan klasik karena telat bangun. Hal ini mungkin bukan masalah besar, namun menyantap makanan dan minuman ketika sahur sangat penting untuk kesehatan dan daya tahan tubuh selama seharian. Agar Anda tidak ketinggalan sahur simak tips berikut.

Jangan Tidur Terlalu Malam

Ketika Anda selesai melaksanakan santap malam dan ibadah sholat tarawih, segeralah untuk beristirahat. Apalagi bagi Anda yang seharian sibuk dengan berbagai aktifitas, tidur yang cukup adalah salah satu kebutuhan utama. Anda dapat memperkirakan jam berapa akan bangun. Jika waktu tidur Anda lebih cepat maka Anda dapat mengatur waktu bangun dengan lebih leluasa. Dengan waktu yang cukup Anda dapat mempersiapkan santap sahur atau melakukan ibadah malam lainnya.

Hindari Minum Minuman Berkafein

Minuman berkafein seperti kopi dan teh terkadang membuat sebagian orang sulit tidur dan mengalami gangguan pencernaan. Anda sebaiknya menghindari minuman jenis ini ketika berbuka atau santap malam. Lebih baik Anda perbanyak minum air putih untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang selama seharian.

Pasang Alarm

Inilah cara paling praktis untuk membangunkan Anda agar tidak telat sahur. Setel alarm Anda pada waktu yang diinginkan, namun jangan kemudian mematikannya jika Anda merasa masih mengantuk. Segeralah bangun dan bersahurlah.

Komitmen

Anda harus memiliki niat dan kemauan yang kuat bangun lebih awal untuk sahur. Walaupun awalnya sedikit berat namun lama-kelamaan Anda akan terbiasa karena jam biologis Anda akan terbentuk dengan sendirinya. Disiplinlah dengan rencana yang Anda buat dan nikmati ibadah sahur Anda dengan penuh keikhlasan.

Minta Bantuan Teman

Jika memasang alarm masih dirasa kurang, mintalah bantuan teman Anda untuk membangunkan melalui missed call atau mengirim pesan via instant messaging. Mintalah mereka mengirim berkali-kali sampai Anda terbangun. Pastikan teman Anda bukan orang yang susah bangun untuk sahur.

Nah, tidak terlalu sulit ‘kan? Semoga tips dari Gudegnet ini bermanfaat bagi Anda. Selamat menunaikan ibadah puasa.

(Foto: healthybalancefitness.com.au)

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Radio GCD  98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini