Tips Hari Ini

Tips Merencanakan Perjalanan Wisata dari Candi ke Candi

Oleh : Thia Destiani / Senin, 06 Juli 2015 03:28

Akhir pekan masih beberapa hari lagi, namun tidak ada salahnya Anda mulai memikirkan tujuan rekreasi untuk liburan nanti. Untuk memudahkan Anda memilih tujuan wisata, minggu ini Gudegnet ingin mengajak Anda untuk berkunjung ke situs cagar budaya dan sejarah.

Tujuan kita kali ini adalah di tempat-tempat wisata sejarah dan cagar budaya di bagian timur Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu di daerah Kalasan dan sekitarnya. Selain Candi Prambanan dan Ratu Boko, ada banyak candi lainnya yang harus Anda kunjungi di daerah ini. Agar perjalanan Anda selama menjelajahi candi menjadi nyaman dan menyenangkan, simak baik-baik tips berikut ini:

Gunakan Pakaian yang Nyaman dan Menyerap Keringat

Pada umumnya candi-candi di Daerah Istimewa Yogyakarta berada di lokasi yang mendapatkan banyak paparan sinar matahari. Pakailah pakaian yang menyerap keringat dan bila perlu pakailah sunblock, topi atau payung untuk melindungi Anda dari sengatan sinar matahari.

Gunakan Alas Kaki yang Nyaman

Akses menuju candi banyak yang harus melalui jalan setapak. Agar perjalan Anda nyaman akan lebih baik jika Anda memakai sepatu yang nyaman dengan sol yang lunak, seperti sepatu olahraga. Selain memberi kenyamanan selama berjalan kaki, sol sepatu yang lunak tidak akan merusak permukaan candi ketika terinjak.

Siapkan Air Minum yang Cukup

Perjalanan menjelajahi candi membutuhkan stamina yang baik. Selain mendapatkan wawasan budaya, Anda juga akan merasakan kedekatan dengan alam tempat dimana candi-candi tersebut berdiri. Agar Anda tidak dehidrasi selama perjalanan atau di lokasi, pastikan Anda minum cukup air. Jangan lupa untuk menyimpan botol bekas air minum Anda dan membuangnya di tempat sampah.

Gunakan Alat Transportasi yang Dapat Menjangkau Lokasi dengan Mudah

Candi-candi yang tersebar di kawasan Kalasan dan sekitarnya tidak semua memiliki akses jalan yang baik. Ada beberapa lokasi yang harus dicapai  dengan berjalan kaki. Oleh karena itu gunakanlah alat transportasi yang mampu menjangkau tempat-tempat tersebut dengan mudah, seperti sepeda, sepeda motor, atau mobil berbadan sedang dengan kapasitas 7-8 penumpang. Hindari menggunakan bus karena akan menganggu arus lalu-lintas terutama di lokasi yang memiliki ruas jalan sempit. Namun kendaraan berbadan besar masih bisa menjangkau lokasi candi yang menyediakan tempat parkir khusus atau memiliki ruas jalan yang lebar. Oleh karena itu perhatikan dengan baik detil lokasi tiap candi.

Pastikan Anda Mengetahui Lokasi Tiap Candi

Inilah hal terpenting ketika Anda berencana mengunjungi candi-candi di Yogyakarta. Berbeda dengan candi-candi yang dikelola secara komersil, candi-candi yang tersebar di kawasan Kalasan ini pada umumnya terletak di lokasi yang cukup tersembunyi. Pastikan Anda memiliki informasi yang baik tentang lokasi tiap candi tersebut. Untuk memudahkan Anda mencapai lokasi candi, simak ulasan dan detil lokasi candi-candi berikut:

Nah, sudah tidak bingung lagi kan mau kemana akhir pekan ini? Semoga tips dari Gudegnet ini bermanfaat bagi Anda. Nantikan tips menarik dan seru lainnya hanya di www.gudeg.net.

Foto: Candi Plaosan. (Dok. Gudegnet)

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini