Tips Hari Ini

8 Museum yang Wajib Anda Kunjungi Saat Liburan di Jogja

Oleh : Thia Destiani / Kamis, 02 Juli 2015 03:12

Berwisata di Yogyakarta memang nggak ada habisnya. Tidak hanya tenar dengan Malioboro dan Kraton saja, Yogyakarta juga memiliki banyak museum yang menarik dan layak Anda kunjungi. Kali ini Gudegnet akan mengajak Anda untuk berkunjung ke museum-museum di kawasan Kota Yogyakarta. Akan lebih asyik lagi jika Anda mengajak teman atau keluarga beramai-ramai mengunjungi museum sambil bersepeda. Museum-museum yang dapat Anda kunjungi di seputar Kota Jogja adalah sebagai berikut.

#1. Museum Benteng Vredeburg

Museum ini terletak di pusat Kota Yogyakarta, tepatnya di kawasan Nol Kilometer Yogyakarta. Dari Malioboro Anda dapat langsung menuju ke arah selatan sebelum perempatan Kantor Pos Besar. Museum Benteng Vredeburg menyimpan banyak bukti-bukti sejarah Indonesia pada masa keerdekaan. Berbagai diorama yang menceritakan perjuangan rakyat Indonesia dapat Anda saksikan di museum ini. Baca ulasan selengkapnya di sini.

#2. Museum Biologi

Anda dapat mengenal dunia flora dan fauna secara mendalam di Museum Biologi. Museum Biologi UGM ingin mengajak Anda untuk turut dalam konservasi alam sehingga sumber daya alam dapat dipergunakan semaksimal mungkin sampai generasi mendatang. Baca ulasan selengkapnya di sini.

#3. Museum Pura Pakualaman

Di dalam kompleks Kraton Pura Pakualaman terdapat sebuah museum yang benama Museum Pura Pakualaman. Museum tersebut berisi benda-benda bersejarah peninggalan masa Sri Pakualam I sampai Sri Pakualam VIII. Museum tersebut dikelola secara swadaya oleh keluarga Kraton Pura Pakualaman. Baca ulasan selengkapnya di sini.

#4. Museum Sandi

Penasaran dengan kegiatan intelejen pada masa kemerdekaan? Kunjungilah Museum Sandi yang teletak di Jalan Faridan Muridan Noto No. 21, Kota Baru, Yogyakarta. Anda dapat melihat berbagai koleksi seperti, meubeler, sepeda, patung, barang keseharian pelaku sejarah persandian, slide sistem sandi, dokumen lembaran kertas dan buku kode, dan sebagainya. Baca ulasan selengkapnya di sini.

#5. Museum Perjuangan

Museum Perjuangan adalah sebuah museum di Yogyakarta yang didirikan untuk mengenang sejarah perjuangan Bangsa Indonesia dan mengenang setengah abad masa Kebangkitan Nasional. Museum perjuangan yang terletak di Jalan Kol. Sugiyono 24 Yogyakarta memiliki nilai sejarah serta bangunan yang cukup menarik. Baca ulasan selengkapya di sini.

#6. Museum TNI-AD Dharma Wiratama

Museum ini milik TNI Angkatan Darat yang lebih merekam kisah perjuangan pada masa sesudah Indonesia merdeka. Museum ini lebih banyak menyimpan dan mempertontonkan alat-alat perang besar pada zaman dulu, selain itu juga tersimpan foto-foto pejabat angkatan darat RI. Baca ulasan selengkapnya di sini.

#7. Museum RS MATA Dr. YAP

Museum ini berada di dalam komplek rumah sakit mata DR. YAP. Di dalamnya Anda dapat memahami sejarah dunia kedokteran mata di Indonesia. Anda akan menemukan beragam peralatan kedokteran mata dan juga koleksi pribadi milik Dr. Yap. Baca ulasan selengkapnya di sini.

#8. Museum Sasmitaloka Panglima Besar Jendral Sudirman

Di museum ini, Anda akan merasakan kebesaran jiwa Sudirman, bukan karena gelar diploma dan pendidikannya atau kekayaan harta dan status kebangsawanannya. Melainkan karena komitmennya pada perjuangan mencapai pengakuan kemerdekaan.  Baca ulasan selengkapnya di sini.

Nah, asyik bukan? Museum-museum tadi dapat Anda jadikan referensi tempat tujuan wisata di hari libur nanti. Semoga panduan dari Gudegnet ini bermanfaat bagi Anda dan selamat berwisata.

Foto: Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta (Dok. Gudegnet)

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    SoloRadio 92,9 FM

    SoloRadio 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Handayani FM

    Handayani FM

    Handayani FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini