Tips Hari Ini

7 Barang yang Wajib Dibawa Kemana Saja Saat Liburan

Oleh : Thia Destiani / Kamis, 02 Juli 2015 04:13

Bepergian untuk melakukan perjalanan wisata merupakan hal yang sangat menyenangkan. Berbagai rencana pasti telah dipersiapkan agar Anda dapat menikmati liburan dengan maksimal. Mengunjugi objek-objek wisata, berbelanja, dan berburu kuliner adalah hal yang wajib dilaukan saat liburan. Namun, pernahkah Anda terganggu dengan hal-hal darurat atau minimnya fasilitas yang disediakan?

Momen menikmati liburan terkadang terkendala dengan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Sebagai wisatawan, Anda juga harus siap dengan kemungkinan terjadinya hal-hal buruk selama berwisata, seperti sanitasi tempat wisata yang tidak memadai, terluka/cedera saat melakukan perjalanan wisata, bahkan yang terburuk kehilangan barang bawaan. Agar Anda dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan tersebut, sebaiknya Anda membawa barang-barang di bawah ini kemanapun Anda pergi, antara lain:

#1. Tisu Basah

Tisu basah sangat bermanfaat jika Anda harus membersihkan tubuh atau benda-benda lain dari kotoran ketika tidak ada air atau sarana sanitasi yang memadai. Sediakan tisu basah dalam tas Anda, selain praktis juga higienis.

#2. Hand Sanitizer

Sama halnya seperti tisu basah, hand sanitizer sangat berguna untuk menjaga tangan Anda tetap bersih. Anda tidak perlu khawatir dengan sarana sanitasi yang tidak memadai. Anda dapat mengganti air untuk cuci tangan dengan hand sanitizer. Hal ini akan menjaga tangan Anda dari bakteri dan kuman ketika harus menyantap makanan.

#3. Kantong Plastik

Sediakan beberapa lembar kantong plastik dalam tas Anda. Klantong plastik berguna untuk membungkus barang bawaan Anda agar tidak basah atau kotor, dan menyimpan sampah ketika Anda tidak menemukan tempat sampah. Buanglah sampah yang Anda simpan dalam kantong plastik ke tempat sampah begitu Anda menemukannya.

#4. Perlengkapan P3K

Bawalah obat-obatan pribadi jika Anda memilikinya. Bawa juga peralatan P3K standar seperti perban, kapas, obat pembasuh/pereda luka, dan minyak angin. Simpan dalam wadah/kotak khusus yang praktis dibawa kemana saja.

#5. Salinan Dokumen Penting

Buat salinan/photocopy dokumen penting Anda seperti, KTP, SIM, passport, kartu kredit, dan sebagainya. Simpan di tempat yang berbeda dengan tempat Anda menyimpan dokumen asli. Salinan dokumen tersebut berguna jika dokumen asli Anda hilang. Simpan juga scan dokumen penting Anda dalam email pribadi.

#6. Uang Tunai

Selain membawa kartu ATM dan kartu kredit, sebaiknya Anda juga membawa uang tunai karena belum tentu kartu ATM dan kredit Anda dapat digunakan di kota atau negara tempat Anda berlibur.

#7. Perlengkapan Gadget

Pastikan Anda membawa smartphone lengkap dengan charger dan powerbank saat liburan. Simpan dalam tempat khusus sehingga praktis dan mudah jika harus diambil sewaktu-waktu. Bila perlu bawalah tongsis agar kegiatan selfie Anda makin total. Tapi ingat, jika mau selfie atau groufie pastikan Anda tidak menganggu atau merusak ketenangan orang lain dan lingkungan. Berfotolah dengan cerdas.

Semoga tips dari Gudegnet bermanfaat bagi Anda. Selamat menikmati liburan!

(Foto: i.huffpost.com)

0 Komentar

    Kirim Komentar

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini