Hiburan

Satu Bangsa Beragam Sinema akan hadir di FKFN

Oleh : Karni Narendra / Rabu, 22 November 2017 14:03
Satu Bangsa Beragam Sinema  akan hadir di FKFN

 

www.gudeg.net, Yogyakarta - FKFN (Festival Komunitas Film Nusantara) merupakan program kolaborasi  yang digagas oleh seksi film Dinas Kebudayaan DIY dengan beberapa organisasi perfilman DIY akan berlangsung mulai  tanggal 25 hingga 28 November 2017. 

Acara ini mengangkat tema  “Satu Bangsa , Beragam Sinema”, yang dimaknai keberagaman sinema Indonesia dan komunitas film dari seluruh nusantara adalah penjamin dan pelestari utama keberagaman.

Festival ini akan dilaksanakan di beberapa tempat, antara lain Dinas Kebudayaan DIY, sepanjang Jalan Malioboro dan Candi Prambanan. Berbagai agenda acara telah dipersiapkan dalam festival ini, antara lain Pembukaan FKFN  pada Sabtu (25/11) di Societet Taman Budaya Yogyakarta, dilanjutkan dengan pemutaran film dari perwakilan komunitas-komunitas film undangan pada Minggu dan Senin (26-27/11).

Selanjutnya, akan dilaksanakan workshop peserta di sepanjang Malioboro, seminar public dan temu komunitas. Festival ini akan ditutup dengan pemutaran film hasil workshop dan city tour ke Candi Prambanan, Selasa (28/11).

Di penyelenggaraan pertama ini, FKFN menargetkan kurang lebih 250 peserta yang terdiri dari 100 peserta undangan dari komunitas, 100 mahasiswa dan 50 masyarakat umum.

Film yang akan diputar di FKFN ini merupakan film-film yang sebelumnya tak mendapat tempat di Jogja, oleh karena itu FKFN mencoba mengulas dan mengambil bagian lain dari film tersebut,  yaitu mengenai kemajuan komunitas di luar Jogja dengan pembaruan yang  mereka lakukan. Film yang akan tayang antara lain dari komunitas film Papua,  Kalimantan (Borneo film compilation), Semarang, dan film-film yang mencerminkan spirit komunitas.

Di antara film-film komunitas, ada beberapa judul film yang menarik antara lain : “Incang inceng” (yang merupakan film produksi dinas ), Ziarah ( merupakan film panjang pertama  karya sutradara B.W.  Purba Negara) dari semua film tersebut  menceritakan mengenai keberagaman.

Tim gudeg.net sempat berbincang dengan Suluh Pamuji  sebagai kepala divisi seminar public dan programmer FKFN,mengatakan  “Yang lebih penting dibagikan dari Jogja adalah soal bagaimana sinergi antara masyarakat perfilman atau komunitas perfilmannya masing-masing daerah dengan Pemda-nya dan dengan  swasta di daerahnya.”

  


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    UNIMMA FM 87,60

    UNIMMA FM 87,60

    Radio Unimma 87,60 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    GCD 98,6 FM

    GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini