Seni & Budaya

Bantul Art Festival Digelar Hari Ini dan Besok

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Sabtu, 21 Juli 2018 07:00
Bantul Art Festival Digelar Hari Ini dan Besok

 

Gudegnet - Berbagai kesenian akan tampil dalam Bantul Art Festival yang digelar hari ini dan besok (21-22 Juli 2018) di Lapangan Paseban Bantul dan sepanjang Jalan Jenderal Soedirman.

Satu panggung utama dan empat titik pentas di Jalan Jenderal Soedirman disiapkan untuk menjadi ruang para seniman. Di jalan ini pengunjung juga dapat menikmati beberapa instalasi karya rupa.

Titik-titik tersebut adalah depan Masjid Agung Manunggal, depan Kantor BRI, depan Mapolres Bantul. Selain itu, selasar lantai 2 Pasar Bantul akan menjadi lokasi screening beberapa film pendek.

Dalam keterangan pers disebutkan,”Pada hakekatnya pertunjukan dan pameran seni dapat dinikmati oleh semua orang, sehingga kegiatan ini sangat menekankan pentingnya peran serta tidak hanya seniman dan budayawan. ”Keterlibatan masyarakat umum lintas profesi inilah yang membat Bantul Art Festival layaknya “Ewuhe Wong Bantul” atau hajadnya orang Bantul.

Dilatarbelakangi keinginan untuk mengangkat potensi Bantul, Bantul Art Festival melakukan riset dari kampung ke kampung untuk mencari potensi terpendam. Dari hasil perburuan ini diputuskan tiga kesenian akan tampil yakni Kentong Rampak, Rodad, dan Instalasi Kesenian Janur.

Selain hasil 'berburu' tersebut, pentas kesenian antara lain juga akan menampilkan tari kolosal Bantul Wiji Nagari yang diolah dan Diproduksi SMKI. Gelaran ini juga akan menampilkan orkestra SMM dan pentas karawitan.

Masih banyak kesenian yang dapat dinikmati di festival yang terselenggara atas kerja sama Disbud Bantul dan Forum Gerbang Budaya ini seperti jathilan, kethoprak, keroncong, wayang orang, wayang kulit, teater, dan lainnya.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    GCD 98,6 FM

    GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini