Seni & Budaya

Ratu Boko Festival 2018 Suguhkan Sendratari Sumunaring Abhayagiri

Oleh : Karni Narendra / Kamis, 20 September 2018 20:43
Ratu Boko Festival 2018 Suguhkan Sendratari Sumunaring Abhayagiri

Gudeg.net - Pagelaran sendratari berskala nasional bertajuk Ratu Boko Festival akan kembali digelar selama dua hari (22-23 September 2018) mulai pukul 16.15 – 20.30 WIB. Festival ini merupakan event tahunan yang selalu dinanti oleh para pencinta tari klasik.

Festival tari yang diselenggarakan oleh PT Taman Wisata Candi ini akan menampilkan seniman dari Jogja dan seniman dari Jakarta.Diselenggarakannya festival ini selain untuk menjaga dan terus memupuk kelestarian budaya melalu seni tari juga untuk menarik wisatawan berkunjung ke Ratu Boko.

“Yang bisa menarik wisatawan salah satunya adalah dengan event,  apabila kita bisa mengadakan even yang berkelas, kita bisa menarik pengunjung ke Ratu Boko,  selain itu juga menampilkan tari-tarian yang menarik dan mempunyai benang merah historis di Ratu Boko tersebut,” tutur  Ricky SP Siahaan,  Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko.

Ricky menjelaskan lebih lanjut “Setiap tarian mempunyai makna-makna tertentu yang harus dilestarikan, dan kita ingin Ratu Boko setiap tahunnya berkembang, tidak hanya skala nasional namun suatu saat bisa mengadakan even skala internasional, dengan mengundang group-group tari dari negara lain.”

Ratu Boko Fesival akan menampilkan sendratari klasik dan kontemporer, aneka hiburan dan kuliner. Para penampil yang terlibat diantaranya sanggar tari Nur Sekar Kinanti (Jakarta), sanggar tari Bali Saraswati, Seni Tari ISI Yogyakarta, Fakultas Seni Tari UNY dan komunitas tari yang lainnya.

Yang istimewa dari festival tahun ini karena akan menampilkan tarian Sumunaring Abhayagiri, yang terakhir dipentaskan pada lima tahun yang lalu. Tarian yang sudah banyak dinanti ini merupakan andalan dari tarian ratu boko. 

Sendratari Sumunaring Abhayagiri digarap khusus oleh Jurusan Pendidikan Tari Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Sendratari ini mengisahkan Pancapana yang dalam kegelisahannya meninggalkan istana untuk menemui rakyatnya di seluruh penjuru negeri. Ia ingin memberikan semangat dan menolong rakyatnya yang menderita.

Sendratari ini akan dipentaskan sebagai puncak Ratu Boko Festival 2018, pada hari Minggu tanggal 23 September 2018.

Pengunjung yang akan menyaksikan pertunjukan tersebut bisa memesan tiket terlebih dahulu di PT TWC : 0274 496 402, atau bisa langsung di venue dengan harga tiket mulai dari Rp.50.000, namun apabila ada wisatawan yang berkunjung ke Ratu Boko sejak pagi atau siang hari tidak dikenakan tiket pertunjukan.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    I-RADIO 88.7 FM YOGYAKARTA

    I-RADIO 88.7 FM YOGYAKARTA

    100% Musik Indonesia, Cinta Musik Indonesia.


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini