Pendidikan

SETI #3 Pertemukan Antara Seni dan Ilmu Antariksa

Oleh : Karni Narendra / Jumat, 09 November 2018 20:52
SETI #3 Pertemukan Antara Seni dan Ilmu Antariksa
Press Conference SETI #3/Karni Narendra

Gudeg.net - Konferensi Internasional yang mempertemukan antara  Seni dan ilmu antariksa bertajuk SETI (Search for Extra-Terrestrial Intelligence) tahun ini kembali digelar untuk yang ketiga kalinya.

SETI diinisiasi oleh Indonesia Space Science Society (ISSS) yaitu sebuah platform tanpa batas yang mempertemukan orang-orang yang tertarik dengan antariksa tanpa batas, mulai dari mahasiswa, peneliti  hingga seniman.

Tahun ini SETI akan diselenggarakan selama tiga hari, dimulai dengan International SETI Conference #3 yang diadakan di Auditorium Universitas Sanata Dharma (USD) pada tanggal 10 November 2018 mulai pukul 10.00 hingga pukul 05.00 WIB. Acara ini terselenggara atas kerja sama antara ISSS dengan program Doktor (S3) Kajian Budaya, Kajian Seni dan Masyarakat USD.

Selain konferensi, acara ini juga dimeriahkan oleh hiburan music performance pada hari Minggu (11/11). Sedangkan untuk workshop seniman akan diselenggarakan pada hari  Selasa (13/11) dan Rabu (14/11) berlokasi di HONF Foundation, Jalan Langenastran No. 16 Yogyakarta, dengan mengundang beberapa seniman dan artis yang tertarik dengan bidang Space Science.   

Tujuan dari terselenggaranya acara ini adalah untuk membantu meningkatkan minat masyarakat terhadap space science, antariksa serta turunannya.  Dengan adanya SETI ini bisa membuka peluang di bidang seni dan teknologi khususnya bidang space science.

Saat ini pendidikan formal Astronomi di Indonesia masih minim. Satu-satunya  lembaga pendidikan di Indonesia yang mempunyai Department Astronomi adalah  ITB (Institut Teknologi Bandung), itupun belum menjadi fakultas yang berdiri sendiri namun masih berada di lingkungan FMIPA (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam).

Dan Lembaga  Negara yang terlibat secara aktif dalam perkembangan astronomi di Indonesia, hanya ada di LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional).

Gunawan Admiranto, Astronom senior LAPAN, mengungkapkan,“LAPAN sangat spesial karena merupakan satu-satunya lembaga antariksa di Indonesia. Dengan adanya SETI ini diharapkan astronomi semakin diminati.”  

Yusuke Murakami (Jepang) salah satu tim anggota yang melakukan pelatihan Mars di Amerika tahun lalu memaparkan rancangannya tahun depan yaitu kapal Shirase. Shirase merupakan kapal dari bumi ke antariksa. Dalam kapal ini akan terdapat simulasi mengenai kehidupan manusia di antariksa.  

Selain melalui SETI, kita juga bertugas untuk turut serta menggiatkan minat dan potensi proses pembelajaran bidang Space Science di Indonesia.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Radio GCD  98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM

    Argososro 93,2 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini