Pendidikan

Asyik, Jogja Punya Perpustakaan yang Buka 20 Jam

Oleh : Karni Narendra / Kamis, 15 November 2018 13:10
Asyik, Jogja Punya Perpustakaan yang Buka 20 Jam
Wahyu Hendratmoko, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta/Karni Narendra

Gudeg.net - Perpustakaan Kota Yogyakarta akan mempunyai “adik” yang buka selama 20 jam di Jogja selatan. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko di perpustakaan kota Yogyakarta (14/11) kepada gudeg.net.

“Kami akan memiliki dua lokasi untuk memberikan layanan literasi kepada masyarakat kota Yogyakarta, walaupun skala disini lebih besar daripada yang baru, tapi layanannya akan kami rancang seperti di sini, termasuk layanan inovatif,” ungkap Wahyu. Lebih lanjut Wahyu juga menjelaskan, terobosan terbarunya adalah dengan memberikan literasi selama 20 jam sehari, selama seminggu dan tidak ada hari libur.

Hal tersebut dilakukan dengan pertimbangan, agar masyarakat kota Yogyakarta memiliki alternatif tempat untuk memenuhi kebutuhan literasinya, baik itu untuk internetan yang aman, bersih dan terjamin .

“Terkait dengan fasilitas-fasilitas yang ada di sana secara bertahap kami akan terus  melakukan penyempurnaan,”jelas Wahyu lebih kanjut.

Perpustakaan baru yang diberi nama Pevita (Perpustakaan Alternatif Yogyakarta Selatan), dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas diantaranya, ruang layanan anak, ruang seminar (kapasitas 40 orang), gazebo, kafetaria, ruang layanan membaca (kapasitas 50 seat) dan fasilitas internet sehat dengan kecepatan 50 Mbps.

Saat ini Pevita mempunyai 5000 koleksi pustaka, dan nantinya koleksi tersebut akan terus bertambah setiap minggunya.

Ruang diskusi atau seminar bisa dimanfaatkan oleh seluruh lapisan masyarakat kota Yogyakarta. Bagi warga yang mau mengadakan rapat RT atau RW ataupun diskusi bisa menggunakan ruangan ini. “Suatu kegiatan yang positif, kami ijinkan untuk mempergunakan ruangan ini. Agar perpustakaan tersebut kaya akan makna dan aktivitas masyarakat sehari-hari bisa dilaksanakan disini,” tutur Wahyu.

Wahyu juga menambahkan, “teman-teman kami menggunakan tagline Beyond the Library, perpustakaan yang sudah disetting oleh teman-teman kami tidak hanya menjadi perpustakaan saja, tapi benar-benar tempat berkumpul dan berinteraksi semua lapisan masyarakat kota Yogyakarta.”

Semua layanan di Pevita gratis, dana tersebut diperoleh dari pajak dan retribusi masyarakat. Pemerintah berkewajiban mengembalikannya kepada masyarakat dalam bentuk kemanfaatan.

Dengan jam buka perpustakaan yang lebih lama yaitu selama 20 jam/hari (pukul: 07.30 - 02.30 WIB), diharapkan mampu memberi penguatan layanan dan menghidupkan daerah Jogja selatan.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini