Pendidikan

Selama PTKM, Perpus Kota Batasi Jam Layanan. Ini Jadwalnya

Oleh : Rahman / Rabu, 20 Januari 2021 17:22
Selama PTKM, Perpus Kota Batasi Jam Layanan. Ini Jadwalnya
Petugas merapikan sejumlah buku pada saat pembukaan hari pertama di Perpustakaan Kota Yogyakarta (2020)-Gudeg.net//Rahman

Gudeg.net- Perpustakaan Kota Yogyakarta membatasi jam kunjungan selama pemberlakuan Pengetatan Secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM).

“Untuk jam pelayanan Perpustakaan Kota Yogyakarta dan Pevita selama PTKM dipersingkat menjadi pukul 09.00-15.00 WIB. Selain itu kedua perpustakaan ini juga tutup pada hari Sabtu dan Minggu,” ujar Kepala Bidang Pengelolaan Perpustakaan dan Pengembangan Gemar Membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Nunun Zulaikha, seperti dikutip laman Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta www.jogjakota.go.id , Rabu (20/1).

Nunun menjelaskan, Perpustakaan Kota Yogya tetap melayani sejumlah pelayanan walau mengalami penurunan kunjungan.

“Kami memiliki layanan yang disesuaikan dengan kondisi pandemi misalnya layanan Sapa Ratu yang melayani pemustaka tanpa masuk area dan turun dari kendaraan. Ada juga layanan Jamila yang siap mengantarkan buku pada waktu yang telah ditentukan," jelasnya.

Selama pandemi kuota pengunjung Perpustakaan Alternatif Wilayah Selatan Kota Yogyakarta (Pevita) dibatasi hanya 50 pengunjung. Sedangkan pengunjung di Perpustakaan Kotabaru kuota hanya sekitar 70 pengunjung.

Nunun mengungkapkan, pembatasan kuota ini sengaja diberlakukan agar tidak terjadi kerumunan maupun penumpukan pemustaka.

“Pengunjung yang datang melebihi batas kuota dalam satu waktu, maka pengunjung berikutnya harus menunggu untuk masuk perpustakaan. Itu peraturannya, jadi protokol kesehatan tetap diterapkan,” ungkapnya.

Sementara untuk mencegah penyebaran Covid-19 di area perpustakaan, pihaknya juga kerap melakukan sterilisasi. Seluruh pengunjung yang masuk di lingkungan perpustakaan juga dilakukan pengecekan suhu tubuh dengan thermo gun.

“Kami rutin melakukan pembersihan menggunakan disinfektan, dan di kedua perpustakaan tersebut juga telah menerapkan pembatasan jarak tempat duduk di dalam perpustakaan,” tutur Nunun.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM



    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini