Berita

Anjing Pelacak Disiagakan untuk Pengamanan Nataru di Stasiun Tugu

Oleh : Rahman / Rabu, 19 Desember 2018 18:04
Anjing Pelacak Disiagakan untuk Pengamanan Nataru di Stasiun Tugu
Unit K9 jenis Labrador Retriever melakukan sterilisasi di Stasiun Tugu Yogyakarta,(18/12),Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- PT KAI Daop 6 Yogyakarta terus memperkuat pengamanan menjelang libur  Natal dan Tahun Baru (Nataru), dengan menurunkan Tim K9 anjing pelacak dari Polisi Satwa Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kepala Unit Satwa Sabhara Polda DIY AKP Adi Purnomo mengatakan bahwa untuk pengamanan Nataru tahun ini, Direktorat Satwa Polda DIY menerjukan masing-masing dua unit anjing K9 untuk pengamanan dan akan ditempatkan di dua stasiun utama Yogyakarta.

“Dua ekor anjing yang kami turunkan memiliki keahlian berbeda yang satu untuk melacak bahan peledak dan satu lagi pelacak barang terlarang seperti narkoba,” tuturnya seusai mengikuti Gelar Pasukan Pengamanan Nataru di Halaman Stasiun Tugu Yogyakarta,rabu(18/12).

Adi Purnomo menjelaskan bahwa timnya sudah mempersiapkan 18 unit K9 untuk pengamanan dan akan secara bergantian setiap harinya. Masing-masing ditempatkan dua unit k9 untuk sterilisasi di stasiun Tugu dan Stasiun Lempuyangan.

“Unit K9 kami yaitu berjenis Lambrador Retriver dan Belgian Malinois. Dan kedua unit ini sudah mengalami pelatihan cukup lama. Terlebih menjelang pengamanan Nataru ini mereka berlatih lebih intensif minimal 1-2 jam setiap hari,” ungkap Adi Purnomo.

Unit K9 nantinya akan ditempatkan di daerah boarding penumpang untuk mengecek barang bawaan yang dilarang naik keatas kereta yang dapat membahayakan penumpang lain perjalanan kereta.

Selain menurunkan unit K9,Polda DIY juga akan menyiapkan metal detector untuk melengkkapi proses sterilisasi baik terhadap penumpang maupun barang bawaannya.

“Kami akan menempatkan petugas keamanan lengkap dengan metal detector sebagai alat penambah keamanan,” ujar Deputi EVP PT KAI Daop 6 Nathan N Siahaan saat diwawancara.

Secara keseluruhan PT KAI dan Pihak Keamanan Stasiun Yogyakarta sudah siap menerima masyarakat pengguna kereta api untuk Nataru tahun ini . Dan mereka menjamin penuh akan keamanan dan keselamatan para penumpang kereta api.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    IRADIO 88.7 FM YOGYAKARTA

    IRADIO 88.7 FM YOGYAKARTA

    100% Musik Indonesia, Cinta Musik Indonesia.


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini