Berita

Tamu Kerajaan,Tokoh Nasional hingga Presiden RI Hadiri Dhaup Ageng Puro Pakualaman

Oleh : Rahman / Sabtu, 05 Januari 2019 18:30
Tamu Kerajaan,Tokoh Nasional hingga Presiden RI Hadiri Dhaup Ageng Puro Pakualaman
Presiden Jokowi beserta Ibu Iriana tiba di Bangsal Sewotomo Puro Pakualaman.(5/1),Gudeg.nnet/Rahman

Gudeg.net- Kemeriahan acara pernikahan putra sulung dari Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta KGPAA Paku Alam X sudah tampak sedari pagi di seputaran Puro Pakualaman,sabtu(5/1).

Setelah menjalani prosesi ijab BPH Kusumo Bimantoro dikirab oleh ratusan pasukan bergoodo menuju pendopo utama Puro Pakualam Bangsal Sewotomo untuk menjalani prosesi Panggih. Lantunan gending Jawa mengiringi prosesi sakral tersebut dimana bertemunya mempelai pria dan wanita setelah melalui prosesi Nyengker atau Pingit sehari sebelumnya.

Kondisi diuar Puropun tidak kalah meriah dimana ratusan para undangan sudah mulai berdatangan sekitar pukul 09.30 WIB. Undangan yang terlihat seperti Gubernur Jawa Timur Soekarwo,Ketua Lembaga Adat Kasultanan Surakarta GKR Wandansari (Gusti Mung) beserta suaminya Kanjeng Pangeran Edi Wirabhumi.

Tampak juga keluarga besar Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat seperti GBPH Prabukusomo,GBPH Yudhaningrat dan anak serta menantu Sri Sultan HB X.

Selain itu dengan kendaraan yang sama Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti datang didampingi oleh Wakilnya Heroe Poerwadi. Bupati Gunungkidul Badingah dan Bupati Kulonprogopun tampak hadir hampir berasamaan.

Tokoh Nasional seperti Arifin Panigoro dan Mahfud MD tampak terlihat memasuki gerbang utama Puro Pakualam dan para Raja-raja Nusantara seperti Kerajaan Gowa Sulawesi Utara, Kerajaan Skala Brak Lampung Barat, Kerajaan Bali dan lainnya.

Walikota Yogykarta Haryadi Suyuti dan Wakilnya Heroe Poerwdai mengatakan turut berbahagia atas pernikahan BPH Kusumo Bimantoro dan dr. Maya Lakshita Noorya.

“Kami berdua secara pribadi dan seluruh jajaran instansi Yogyakarta mengucapakan selamat menempuh hidup baru kepada kedua mempelai,semoga langgeng dan terwujud keluarga sakinah mawardah warohmah,”  ujar Haryadi Suyuti.

Disaat yang sama Ketua Lembaga Adat Kasultanan Surakarta Gusti Mung menuturkan bahwa baru pertama kalli menghadiri sebuah pernikahan di Puro Pakualaman.

“Ini merupakan peristiwa langka dan bersejarah bagi saya karena baru ini Puro Pakualaman melaksanakan acara pernikahan,” tutur Gusti Mung.

Dari pantauan Gudeg.net di lokasi seluruh tamu terlihat anatusias menghadiri acara pernikahan yang pertama kali dilakukan oleh Pihak Puro Pakualaman ini.

Acara resepsi Dhaup Ageng akan digelar selama dua hari dan di hari pertama ini Presiden Republik Indonesia Joko widodo yang paling ditunggu kedatangannya.

Sekitar pukul 11.00 WIB rombongan Presiden RI memasuki area Puro Pakualam dan langsung menuju Pintu Utama dari Bangsala Sewotomo Puro Pakualaman untuk bertemu dengan kedua mempelai.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini