Berita

HUT PERSIT ke-73 Korem Pamungkas Gelar Sosialisasi dan Penyuluhan Penyakit TBC

Oleh : Rahman / Jumat, 15 Maret 2019 14:24
HUT PERSIT ke-73 Korem Pamungkas Gelar Sosialisasi dan Penyuluhan Penyakit TBC
Isteri Pangdam Diponegoro Septiana M Effendi (kiri) dan dr. Nindya Pratita (kanan) seusai Sosialisasi dan Penyuluhan Penyakit TBC dalam Rangka HUT Persit ke-73 di Makorem Pamungkas Yogyakrta,(14/3)Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana ke-73, Korem 072/Pamungkas menggelar sosialisasi dan penyuluhan kesehatan tentang pencegahan penyakit TBC di aula Makorem 072, Kamis (14/3).

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua PD Persit Chandra Kirana Kodam IV/Diponegoro Septiana M Effendi dan Ketua Persit Korem 072/Pamungkas Ny M Zamroni. Sementara, narasumber dalam penyuluhan kali ini diberikan oleh dr Nindya Pratita, yang juga isteri Dandim 0734/Yogyakarta.

Septiana M Effendi yang juga isteri Pangdam IV/Diponegoro dalam sambutannya mengatakan, kegiatan penyuluhan serta sosialisasi kesehatan ini bertujuan menambah pengetahuan dan pencegahan TBC.

“Seluruh anggota Persit dapat memperhatikan kesehatan, baik pribadi maupun keluarganya terlebih TBC harus menjadi prioritas dan perhatian serius isteri prajurit,” ujarnya.

Penyakit TBC masih menjadi permasalahan serius bagi dunia terutama Indonesia dimana masih banyak masyarakat yang terserang penyakit ini. Dan kondisi seperti ini sangat memprihatikan serta akan merugikan dari segi kesehatan dan ekonomi keluarga, tambahnya.

Sebagai narasumber dr Nindya Pratita dalam sosialisasi ini menjelaskan, TBC merupakan salah satu penyakit menular yang paling banyak di Indonesia.

“Indonesia menduduki peringkat kedua dunia setelah India dalam prevalensi tuberkulosis dan masih banyak masyarakat Indonesia yang belum memiliki pengetahuan cukup mengenai penyakit menular ini,” jelasnya.

Tanda seseorang terserang TBC dapat diketahui seperti batuk lama dan berdahak, batuk berdarah, dan keringat malam. Bila salah satu keluarga terdapati gejala tersebut, jangan tunda untuk segera bawa ke rumah sakit agar tidak terlambat penanganannya, papar dr Nindya Pratita saat diwawancara.

Isteri Pangdam IV/Diponegoro Septiana berharap para anggota Persit dapat waspada dan bereaksi cepat bila terjadi penyebaran TBC di lingkungan rumah maupun sosialnya.

“Waspada terhadap TBC disekitar kita karena dengan itu sama dengan kita perang terhadap kemiskinan, ketidakproduktifan, dan kelemahan akibat TBC," ungkap Septiana.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JIZ 89,5 FM

    JIZ 89,5 FM

    Jiz 89,5 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini