Seni & Budaya

Wajah Citra SS Di Ragam Mirat Tutup Acara pelepasan Purnabakti Profesor Soeprapto Soedjono

Oleh : Trida Ch Dachriza / Selasa, 26 Maret 2019 17:49
Wajah Citra SS Di Ragam Mirat Tutup Acara pelepasan Purnabakti Profesor Soeprapto Soedjono
Rektor ISI Yogyakarta Mukhamad Agus Burhan (kiri), kurator Oscar Motuloh (tengah) dan Guru besar Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta Soeprapto Soedjono (kanan) saat pembukaan pameran (25/3)-Gudegnet/Trida


Gudeg.net—Menutup rangkaian acara pelepasan purnabakti Guru Besar Prof. Drs. Soeprapto Soedjono, M.F.A, Ph.D—akrab dipangil ‘Prof SS’—Institut Seni Indonesia (ISI) mengadakan Pameran foto dengan tajuk ‘Wajah Citra SS Di Ragam Mirat’ di Galeri R.J. Katamsi ISI, Bantul. Pameran yang dibuka oleh Oscar Motuloh pada tanggal 25 Maret hingga 30 Maret 2019 nanti.

Karya yang dipamerkan merupakan karya dari 56 seniman berbagai bidang yang merupakan rekan, kolega, bahkan murid Prof SS. Sejumlah fotografer kondang macam Beawiharta, Darwis Triadi, Oscar Motuloh, Roy Genggam, Soedjai Kartasasmita,dan banyak lainnya turut serta menyumbang karya dalam pameran ini.

 

“Setiap orang punya visi, ide, dan konsep tersendiri saat mengabadikan saya. Pameran ini bukan hanya perayaan, tetapi juga paya untuk memaknai fotografi dengan nila-nilai yang beragam,” ujar Prof SS saat ditemui di pembukaan pameran, Galeri R.J. Katamsi ISI, Senin (25/3).

Menyajikan berbagai self-potrait dalam ragam mirat (cermin), pameran foto ini menunjukkan bagaimana sosok Prof SS di  mata orang lain. Beragam foto candid maupun konsep dapat kita nikmati di sini. Tak hanya foto, kriya dan patung pun dapat kita temukan di pameran ini.

”Pameran ini menyajikan citra dari tanda atau gambaran potret SS yang dipersepsi kembali melalui rasa dan indra melalui imaji fotografi potret,” ujar kurator pameran ini, Edial Rusli, yang juga merupakan mantan murid Prof SS.

Prof SS adalah profesor fotografi pertama di Indonesia setelah menyelesaikan studi strata tiga nya di bidang Comparative Art dari Ohio University di Amerika Serikat. Gelar Guru Besar diperolehnya setelah menyampaikan pidato ilmiah berjudul ‘Fotografi Dalam Konstelasi Budaya Visual Indonesia’.

 


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM



    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini