Pendidikan

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, UMY Tambah Satu Guru Besar

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Selasa, 15 Desember 2020 22:00
Tingkatkan Kualitas Pendidikan, UMY Tambah Satu Guru Besar
Kampus UMY - Dok Gudegnet

Gudeg.net - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menambah satu Guru Besar dari Prodi Teknik Mesin, Prof. Dr. Ir. Sukamta,MT,IPM. SK Guru Besar diserahkan perwakilan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI), Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah 5 (LLDIKTI WIlayah 5) Yogyakarta, Senin (14/12). 

Diberikannya SK Guru Besar ini menjadi semangat baru bagi UMY untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan perguruan tinggi. Prof. Dr. Didi Achjari,S.E.,M.Com.,Ak.,CA., Kepala LLDIKTI Wilayah 5 Yogyakarta, mengatakan, peningkatan jumlah Guru Besar terus didorong untuk meningkatkan kualitas pendidikan di perguruan tinggi, mengingat Guru Besar di Perguruan Tinggi di Indonesia masih tergolong sangat kecil.

Menurut Didi, saat ini di LLDikti Wilayah 5 terdapat 109 Guru Besar dari total sekitar 7000 dosen. Oleh karena itu pihaknya terus mendorong peningkatan jumlah Guru Besar di suatu perguruan tinggi. 

Dengan kualifikasinya, tambah Didi, Guru Besar dapat membimbing mahasiswa, mendorong dosen-dosen lain untuk melakukan penelitian-penelitian yang berkualitas. Dengan begitu, iklim akademik menjadi lebih baik dan diharapkan kualitas pendidikan tinggi meningkat.

Sementara itu Rektor UMY, Dr. Ir. Gunawan Budiyanto,MP.,IPM mengatakan, penambahan Guru Besar di UMY ini menjadi semangat bagi civitas academica, khususunya bagi para dosen. Ia menyampaikan terima kasih kepada para dosen yang mau berjuang dalam menyambut program-program pada peningkatan jabatan fungsional yang telah diadakan di UMY.

Bertambahnya Guru Besar ini menurut Gunawan menjadi langkah awal bagi para dosen UMY yang sedang dipersiapkan menjadi Guru Besar. "Sehingga dengan bertambahnya Guru Besar di UMY ini juga dapat meningkatkan kualitas mutu perguruan tinggi khususnya di UMY,” tuturnya seperti dikutip dari laman umy.ac.id, Selasa (15/12).


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    GCD 98,6 FM

    GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini