Hiburan

Padmanaba Kembali Gelar Festival Bregada Nusantara

Oleh : Rahman / Kamis, 19 September 2019 18:09
Padmanaba Kembali Gelar Festival Bregada Nusantara
Konferensi Pers Festival Bregada Nusantara Padmanaba di Neo Pasar Kembang Yogyakarta,(19/9)/Rahman

Gudeg.net- Keluarga Besar Alumni Padmanaba kembali akan menyelenggarakan Festival Bregada Nusantara (FBN) pada Minggu 22 September 2019 disepanjang Jalan Malioboro.

Festival Bregada Nusantara akan diikuti ribuan peserta yang berasal dari berbagai sekolah baik SMA maupun SMK di seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Ketua Keluarga Besar Alumni Padmmanaba Hedri Saparini menjelaskan, pada tahun ini Festival Bregada mendapat dukungan dari Keraton Yogyakarta Hadiningrat.

“Tahun ini merupakan tahun yang paling berharga bagi kami karean mendapat dukungan dari Keraton sebagai sumber dari kebudayaan bregada di Yogyakarta,” jelasnya saat menggelar konferensi pers di Neo Pasar Kembang, Kamis (19/9).

Menurutnya, dengan adanya dukungan keraton, pihaknnya dapat lebih mengetahui aturan-aturan yang harus dipenuhi untuk sebuah pasukan bregada yang sebenarnya. Selain itu nantinya pihak Keraton juga akan menurunkan salahsatu pasukan bregada untuk tampil pada Festival Bregada Nusantara,

Sementara itu Ketua Panitia Festiival Bregada Nusantara Ganang Adjie mengatakan, pada tahun ini akan ada  bregada yang berasal dari luar Yogyakarta.

“Pada festival ini akan kami hadirkan bregada dari Kasulttanan Cirebon, Bregada Baluwarti Surakarta dan tidak ketinggalan Bregada dari Keraton Ngayogyakart Hadiningrat,” ujarnya.

Ganang juga menjelaskan, ada sekitar 20 bregada siswa yang sudah mendaftar dan selain itu akan ada juga Bregada Guru Padmanaba, Bregada Unik seperti Imperial Army, Bregada Edan-edanan Alumni dan Bregada Corporate.

“Bregada unik akan bercerita tentang film yang sangat diminati oleh kaum milenial yaitu Star Wars, dimana akan disandingkan dengan ide-ide yang liar sebagai keterbukaan terhadap proses kreatifitas generasi milenial,” jelasnya.

Untuk penyelenggaraan tahun ini Festival Bregada Nusantara mengangkat tema Milenial Meet Traditional, dimana bertujuan untuk meningkatkan minat para kaum milenial pada budaya tradisional.

Bregada pelajar yang disebut juga Bregada Siswa Madya akan memperebutkann piala Kementerian Pendidikan RI, Kementerian Pariwisata RI, dan piala Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X serta Piala Keluarga Besat Alumni Padmanaba.

Penilaian perlombaan Bregada Siswa Madya akan memfokuskan pada kreativitas gerak, kekompakan dalam berbaris, atraksi, serta kostum yang menarik.

Diharapkan dengan adanya Festival Bregada Nusantara ini dapat mendorong para siswa SMA atau SMK dalam melestarikan budaya bangsa dengan mengasah inovasi dan kreativitas dibidang gerak dan tata busana.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini