Berita

KA Jarak Jauh dari Yogya Tak Beroperasi Hingga Usai Lebaran

Oleh : Rahman / Rabu, 29 April 2020 15:07
KA Jarak Jauh dari Yogya Tak Beroperasi Hingga Usai Lebaran
Karyawan PT KAI Daop 6 mengecek kereta api yang terparkir di Depo Stasiun Tugu Yogyakarta, Rabu (29/4)Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Daop 6 Yogyakarta memutuskan untuk menambah waktu pembatalan seluruh rangkaian kereta api relasi jarak jauh hingga Lebaran.

Awalnya pembatalan berlaku hingga 30 April namun diperbaharui hingga 31 Mei 2020 mendatang.

“Kebijakan perpanjangan waktu pembatalan kereta relasi jarak jauh ini mendukung aturan larangan mudik yang sudah ditetapkan pemerintah pusat sejak beberapa hari lalu,” ujar Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta Eko Budiyanto, Rabu (29/4).

Eko menjelaskan, kebijakan ini juga mengacu pada hasil evaluasi dan perkembangan di lapangan hampir selama satu bulan lalu. Karenanya diambil keputusan untuk memperpanjang pembatalan hingga setelah Lebaran.

“Kebijakan ini berlaku bagi seluruh stasiun yang berada dalam lingkungan kerja Daop 6 Yogyakarta mulai Solo hingga Kutoarjo-Kebumen,” jelasnya.

Hingga hari ini Daop 6 Yogyakarta mencatat sekitar 161 perjalanan kereta api jarak jauh yang mengalami pembatalan perjalanan.

Eko mengungkapkan, relasi perjalanan kereta api jarak jauh yang dibatalkan meliputi rute menuju arah timur dan barat Yogyakarta.

Menuju arah timur termasuk ke wilayah Surabaya, Malang, dan Ketapang, sedangkan yang menuju arah barat meliputi wilayah Jakarta dan Bandung.

"Aturan ini diambil untuk mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 agar tidak lebih luas karena adanya pergerakan orang dari satu daerah ke daerah lainnya,” ungkapnya.

Dari data yang diterima, hingga tanggal 27 April 2020 sekitar 13.940 tiket perjalanan jarak jauh yang dibatalkan. Namun selama bulan Maret pembatalan tiket menyentuh angka 28.000 penumpang.

Pembatalan tiket kereta jarak jauh yang terjadwal hingga 4 Juni 220, akan dikembalikan 100% tanpa ada pemotongan harga tiket.

Pembatalan dapat dilakukan paling lambat maksimal 30 hari setelah jadwal keberangkatan dengan menunjukkan KTP, kode booking, dan uang pengembalian tiket akan langsung diberikan secara tunai.

Namun lanjut Eko, untuk angkutan kereta relasi jarak pendek seperti kereta Prambanan Ekspres  (Prameks) tetap dioperasikan.

“Prameks masih beroperasi untuk angkutan jarak pendek namun memang batasi per harinya hingga delapan trip saja. Selain itu seluruh stasiun juga menerapkan protokol kesehatan yang berlaku,” lanjutnya.

Dampak dari pembatalan seluruh relasi jarak jauh yaitu sepinya stasiun Tugu dan Lempuyangan dan banyak kereta yang terparkir di Depo Daop 6 Yogyakarta.

Kondisi sepi ini dimanfaatkan oleh pegawai di lingkungan kerja PT KAI Daop 6 Yogyakarta untuk mengintensifkan pemeliharaan terhadap seluruh sarana dan prasarana kereta api

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    ARGOSOSRO FM 93,2

    ARGOSOSRO FM 93,2

    Argososro 93,2 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    DIAN SWARA 98,2 FM

    DIAN SWARA 98,2 FM

    Dian Swara 98,2 FM Purwokerto


    GLOBAL 106,9 FM

    GLOBAL 106,9 FM

    Global 106,9 FM Yogya


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini