Berita

Mulai 1 Oktober Rusunawa Gemawang Resmi Jadi Shelter OTG Sleman

Oleh : Rahman / Jumat, 02 Oktober 2020 13:41
Mulai 1 Oktober Rusunawa Gemawang Resmi Jadi Shelter OTG Sleman
Rusunawa Gemawang yang berada di Desa Sinduadi Kecamatan Mlati, mulai beroperasi menjadi shelter isolasi pasien asimtomatik atau OTG untuk wilyah Sleman, Yogyakarta, Jumat (02/10)-Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Mulai tanggal 1 Oktober 2020, Pemerintah Kabupaten Sleman resmi mulai mengoperasikan Rusunawa Gemawang sebagai shelter karantina pasien Covid-19.

Rusunawa yang terletak di Desa Sinduadi, Kecamatan Mlati, Sleman ini digunakan apabila shelter Asrama Haji Yogyakarta sudah melebih kapasitas.

“Rusunawa Gemawang dipersiapkan sebagai cadangan jika Asrama Haji mulai penuh. Hingga saat ini asrama haji sudah terisi sekitar 90% atau sekitar 85 pasien namun berangsur-angsur turun,” ujar Joko Hastaryo, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Kamis (1/10).

Alasan dioperasikannya shelter Rusunawa Gemawang  karena perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Sleman dinilai terus bertambah setiap harinya.

Oleh karena itu, pengaktifan shelter baru di wilayah Sleman memang sangat penting. Rencananya shelter Gemawang  yang memiliki 76 kamar tersebut akan dihuni oleh para pasien dengan Asimtomatik atau OTG.

Joko menuturkan, seluruh sarana dan prasarana (sarpras) penunjang sudah siap untuk digunakan oleh para penghuni shelter.

Selain sarpras, disiapkan juga sumber daya manusia (sdm) pendukung seperti dokter jaga, perawat dan sejumlah relawan.

“Seluruh kamar sudah siap digunakan, tempat tidur, kasur, bantal dan lainnya sudah tersedia tapi memang tetap menunggu perkembangan yang ada. Bila dibutuhan, sarananya akan ditambah,” tuturnya.

Namun lanjut Joko, bila ada pasien yang ingin melakukan isolasi secara mandiri di rumah, pihaknya tidak melarang hal tersebut.

“Jika ingin isolasi mandiri di rumah, nanti akan dikoordinasikan dengan pihak kesehataan setempat baik rumah sakit maupun puskesmas agar dapat dicek untuk prosedur isolasinya dan memastikan pasien tidak bepergian keluar rumah,” kata Joko.  

Semetara itu Shavitri Nurmala Dewi, Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemkab Sleman menyampaikan hingga hari ini, Jumat (02/9), Shelter Gemawang masih dalam kondisi kosong.

“Hari ini Jumat, Rusunawa Gemawang masih kosong, belum ada penghuni karena Asrama Haji masih bisa menampung pasien OTG,” kata Shavitri Nurmala Dewi, Jumat (2/10).

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARA KENANGA 100.1 FM

    SWARA KENANGA 100.1 FM

    Purworejo - FM 100.1 MHz


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini