Sosial Ekonomi

'Teman Bus' Yogyakarta Siap Beroperasi November dan Gratis

Oleh : Rahman / Rabu, 07 Oktober 2020 11:00
'Teman Bus' Yogyakarta Siap Beroperasi November dan Gratis
Ilustrasi: Angkutan umum melintas di Jalan Malioboro, Yogyakarta, (2020)-Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Moda tranportasi angkutan umum terbaru ‘Teman Bus’ akan mulai beroperasi pada bulan November mendatang di sejumlah wilayah Yogyakarta.

Teman Bus merupakan program pengembangan angkutan umum massal berbasis jalan di wilayah perkotaan yang dirancang Direktorat Angkutan Jalan, Dirjen Perhubungan Darat.

“Teman Bus adalah bantuan dari Kementerian Perhubungan Pusat yang akan mengakomodir seluruh wilayah Kecamatan yang berada di wilayah sekitar Kota Yogyakarta,” ujar Ni Made Dwi Panti Indrayanti, Plt Kepala Dinas Perhubungan DIY saat dikonfirmasi Gudegnet, Rabu 907/10).

Teman Bus merupakan singkatan yaitu Transportasi, Ekonomis, Mudah, Andal, dan Nyaman. Rencananya Teman Bus akan melayani masyarakat yang ingin menuju perkotaan dengan tiga koridor baru.

Ketiga koridor tersebut adalah koridor Godean, Ngaglik dan Ngemplak. Ketiga koridor yang masuk dalam wilayah Kabupten Sleman tersebut dinilai memiliki aktivitas laju masyarakat yang cukup besar.

Ni Made mengungkapkan, Teman Bus tidak akan menjadi pengganti ataupun pesaing dari angkutan umum Trans Jogja yang sudah ada terlebih dahulu melainkan mengintegrasikan jalur dari daerah pinggiran ke kota.

“Teman Bus tidak akan menggantikan Trans Jogja karena operator masih dipegang oleh PT Jogja Tugu Trans (JTT). Moda ini justru melengkapi layanan bus angkutan umum dari dan menuju perkotaan, sehingga seluruh Kecamatan dapat terlayani,” ungkapnya.

Rencananya Dishub DIY akan mengoperasikan 44 bus yang akan melengkapi angkutan perkotaan di 25 Kecamatan pada November mendatang dan tidak berbayar atau gratis hingga Desember 2020.

Sebagai program pemerintah, Teman Bus diharapkan dapat menjadi salah satu angkutan umum yang bermanfaat, baik bagi masyarakat maupun wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta.


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    UNIMMA FM 87,60

    UNIMMA FM 87,60

    Radio Unimma 87,60 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini