Kesehatan

DIY Dapat Jatah 2,2 Juta Vaksin Covid-19, Ini Kriteria Orang yang Akan Divaksinasi

Oleh : Rahman / Selasa, 08 Desember 2020 17:15
DIY Dapat Jatah 2,2 Juta Vaksin Covid-19, Ini Kriteria Orang yang Akan Divaksinasi
Tim medis memperlihatkan sampel darah yang diambil dari masyarakat seusai tes rapid di Yogyakarta, (2020)-Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan menerima vaksin Covid-19 dalam waktu dekat ini dan Pemerintah Daerah (Pemda) DIY terus mendata jumlah orang yang akan mendapatkan. 

“Alokasi untuk DIY untuk tahap pertama sekitar 2,2 juta vaksin namun jumlah itu masih dapat berubah dan belum data yang fix. Saat ini Pemerintah Daerah (Pemda) masih terus mendata,” ujar Pembajun Setyaningastutie, Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembajun Setyaningastutie dalam video konferensinya beberapa waktu lalu.

Kira-kira siapa saja atau kriteria seperti apa yang akan mendapatkan vaksin Covid-19 tersebut. Kriteria orang yang akan mendapatkan vaksin Covid-19 menurut Pembajun adalah penduduk berumur 18-59 tahun dan tidak memiliki komorbid (penyakit penyerta).

“Selain itu yang akan mendapatkan vaksin ialah orang yang tidak pernah terpapar covid-19, dan tidak sedang menderita penyakit infeksi. Untuk jumlahnya, tergantung data perkembangan di lapangan,” jelasnya.

Tujuan memberikan vaksin kepada masyarakat dengan kriteria tersebut adalah untuk melemahkan virus di dalam tubuh seseorang.

Menurut Pembajun, vaksin adalah bibit penyakit yang dilemahkan dan akan dimasukan ke dalam tubuh seseorang dengan tujuan merangsang antibodi

“Ketika vaksin masuk ke dalam tubuh orang sehat maka antibodi sudah langsung bereaksi dan harapannya membunuh virus. Jika vaksin sudah diberikan, mudah-muudah tercipta kekebalan di masyarakat,” tuturnya.

Sedangkan untuk jenis vaksin yang akan diperoleh oleh DIY diperkirakan berjenis Sinovac yang diproduksi negara Tiongkok.

Sebagai persiapan awal, Dinkes DIY sudah memulai memberikan sosialisasi kepada seluruh masyarakat sebelum vaksin datang.

“Sosialisasi mulai kita lakukan, tidak hanya masyarakat, para vaksinator (orang yang akan menyuntikan vaksin) juga perlu dipersiapkan. Jadi ketika saatnya tiba, semuanya sudah siap,” ungkap Pembajun.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    RAKOSA 105,3 FM

    RAKOSA 105,3 FM

    Rakosa 105,3 FM



    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini