Kesehatan

Vaksin Covid-19 DIY Telah Tiba, Begini Pengamanannya

Oleh : Rahman / Selasa, 05 Januari 2021 10:03
Vaksin Covid-19 DIY Telah Tiba, Begini Pengamanannya
Kendaraan lapis baja Baracuda milik Brimob mengawal truk PT Biofarma yang membawa vaksin Covid-19 di Gudang Dinas Kesehatan DIY, Selasa (5/1)-Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Vaksin Covid-19 Sinovac untuk DIY telah tiba pada sekitar pukul 06.00 WIB pagi ini dan langsung dibawa ke Gudang Dinas Kesehatan DIY, Jalan Godean, Sleman, Yogyakarta, Selasa (5/1).

Dari pantauan Gudegnet, kedatangan vaksin Covid-19 tahap pertama ini mendapat pengawalan ketat dari pihak keamanan, baik Kepolisian maupun TNI.

Iring-iringan kendaraan keamaman, mulai dari sepeda motor Patroli Pengawal (Patwal) hingga kendaraan lapis baja Baracuda milik Brimob mengawal mobil box milik dari PT Biofarma, Bandung tersebut.

Ketika hendak memasuki lokasi penyimpanan, seluruh kendaraan yang mulai memadati dua jalur di Jalan Godean, terpaksa harus ditutup untuk memudahkan masuknya mobil box PT Biofarma.

Warga sekitar sempat merasa bingung dengan keadaan yang seketika penuh dengan aparat keamanan dengan bersenjata lengkap berada di sekitar lingkungannya.

“Saya tadinya tidak tau ada apa, ko ramai polisi dan tentara, tapi sekarang jadi tahu, kalau vaksin Covid-19nya sudah datang. Ya bersyukur,” ujar Sugeng, warga sekitar gudang penyimpanan vaksin.

Awalnya, vaksin Sinovac dibawa dari Bandung Jawa Barat menuju DIY dengan mobil yang memiliki mesin pendingan atau Cold Box. Tujuannya agar vaksin tetap berada dalam keadaan baik dan siap digunakan nantinya.

Sementara itu dalam keterangannya, Sekretaris Daerah (SEKDA) DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, pihaknya juga telah mempersiapkan gudang penyimpanan vaksin dengan berbagai fasilitas penunjang.

“Gudang Dinkes juga telah terdapat ruang pendingin yang sesuai dengan standar penyimpanan vaksin,” kata dia.

Setelah tiba, vaksin akan dipersiapkan dengan teliti hingga menjelang vaksinasi. Sedangkan untuk pendistribusian mengacu kepada Juknis Pelayanan Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan.

Aji menambahkan, pendistribusian nantinya tergantung dari kebijakan derah masing-masing, bisa dengan cara mengambil ke provinsi atau provinsi yang mengantarkan.

“Bisa dari provinsi mengantarkan ke Kabupaten/Kota, atau bahkan sebaliknya. Yang jelas vaksin harus segera dibagikan ke rumah sakit, puskesmas, klinik atau pos pelayanan vaksinasi,’  tambahnya.

Rencananya pendistribusikan vaksin dan logistik juga akan menggunakan mobil box atau puskesmas keliling dengan vaksin ditempatkan pada vaccine carrier.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARA KENANGA 100.1 FM

    SWARA KENANGA 100.1 FM

    Purworejo - FM 100.1 MHz


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM

    MBS 92,7 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini