Seni & Budaya

Pemkab Sleman Peringati Hari Kartini Bersama Komunitas Budaya Yogya Semesta

Oleh : Wirawan Kuncorojati / Rabu, 21 April 2021 21:39
Pemkab Sleman Peringati Hari Kartini Bersama Komunitas Budaya Yogya Semesta
Dok. Humas Sleman

Gudeg.net - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman memperingati hari Kartini bersama Komunitas budaya Yogya Semesta. Komunitas tersebut menggelar Dialog Budaya dan Gelar Seni di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Selasa (20/4). 

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyampaikan, saat ini perempuan memiliki kesempatan yang luas dalam mengaktualisasikan dirinya, melalui berbagai karya. Kesempatan tersebut didukung dengan perkembangan teknologi yang memungkinkan untuk diakses oleh setiap orang.

Lebih lanjut, Kustini menyampaikan bahwa dalam mengaktualisasikan diri, perempuan dapat menjadikan sosok Kartini sebagai salah satu role model.

"Salah satu hal yang positif dari sosok Kartini yang patut dicontoh dan memang harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari pada saat ini, yakni Kartini adalah seorang penggila aktivitas literasi," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Gudegnet pada hari yang sama. 

Melalui literasi, lanjutnya, generasi millenial dapat memiliki banyak ide dan pemikiran-pemikiran brilian sehingga mampu terus berkarya di bidang yang ditekuni.

Sementara itu, GKR Hayu selaku penghageng Tepas Tandha Yekti Keraton Yogyakarta yang juga hadir dalam kesempatan tersebut menyampaikan, diperlukan komitmen bersama untuk mewujudkan kesetaraan gender.

Menurutnya, sudah tidak saatnya lagi ada sikap diskriminasi terhadap kaum perempuan. Namun begitu, perempuan juga harus mampu menunjukkan keahlian dan keterampilannya.

Pada acara ini juga ditampilkan berbagai jenis kebaya nusantara, serta ditampilkan seni tari kebyar. Acara kemudian dilanjutkan dengan dialog dengan tema "Nyalakan Api Semangat Kartini, Visi Generasi Milenial".


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    GCD 98,6 FM

    GCD 98,6 FM

    Radio GCD 98,6 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini