Seni & Budaya

Indonesia Raya Berkumandang, Pedagang Beringharjo: Siap Grak!

Oleh : Rahman / Kamis, 20 Mei 2021 11:37
Indonesia Raya Berkumandang, Pedagang Beringharjo: Siap Grak!
Sejumlah pedagang melakukan sikap sempurna pada saat lagu Indonesia Raya dikumandangkan di seantero Pasar Beringharjo, Yogyakarta, Kamis (20/5)-Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- “Siap grak” ujar Supartini salah satu pedagang pakaian di Pasar Beringharjo pada saat lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang seantero pasar, Kamis (20/5).

Seketika itu juga aktivitas jual beli di salah satu pasar terbesar DIY tersebut berhenti dan warga yang sedang berbelanja pun mengikuti hal yang sama.

Sebelum lagu dikumandangkan, para pedagang juga sempat mendengarkan pidato Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono mencanangkan Gerakan Indonesia Raya Bergema dari Kantor Kepatihan.

Dari pantauan Gudegnet, tepat pukul 10.00 WIB lagu Indonesia Raya ciptaan WR Supratman tersebut dikumandangkan melalui pengeras suara dan diikuti seluruh orang yang berada di dalam pasar.

Para pedangan dan warga terlihat sangat bersemangat untuk ikut bernyanyi dan ada juga yang melakukan gerakan hormat bendera. Suasana khidmat pun cukup terasa terlebih pada saat memasuki syair utama dari lagu Indonesia Raya.

“Inikan lagu kebangsaan kita, jadi kita antusias banget mas, yah, walaupun kita berhenti jualan sebentar, gapapa ko. Kami pasti dukung buat Indonesia,” jelas Supartini.

Pasar Beringharjo hari ini pun berhiaskan bendera merah putih di sejumlah titik seperti di pintu masuk sisi barat, los penjual batik dan bagian tengah pasar.

Menurut Supartini, para pedagang Pasar Beringharjo mendukung gerakan menyanyikan lagu kebangsaan ini bila diperdengarkan setiap hari.

“Kami mendukung mas, tadi pesan Ngrasa Dalem kan juga untuk nasionalisme dan persatuan. Jadi tidak ada alasan kami warganya untuk tidak mendukung,” tuturnya.

Sebagai informasi, diperdengarkannya lagu Indonesia Raya ini akan terus berlangsung setiap pukul 10.00 WIB tiap harinya di sejumlah ruang publik dan instansi pemerintahan serta swasta di DIY.

0 Komentar

    Kirim Komentar

    jogjastreamers

    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RETJOBUNTUNG 99.4 FM

    RetjoBuntung 99.4 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    RAKOSA 105,3 FM

    RAKOSA 105,3 FM

    Rakosa 105,3 FM


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini