Seni & Budaya

Peringati Harkitnas, Indonesia Raya Akan Bergema di Empat Lokasi

Oleh : Rahman / Senin, 17 Mei 2021 17:35
Peringati Harkitnas, Indonesia Raya Akan Bergema di Empat Lokasi
Penjual bendera merah putih di Jalan Kaliurang, Sleman (16/8/2020)-Gudeg.net/Rahman

Gudeg.net- Gerakan Indonesia Raya Bergema akan mengumandangkan lagu Indonesia Raya dari empat lokasi yaitu Kompleks Kepatihan, Keraton Yogyakarta, Pakualaman dan Pasar Beringharjo.

Acara dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) pada tanggal 20 Mei 2021 ini akan di resmikan oleh Gubernur Sri Sultan Hamengku Buwono X.

“Gerakan ini akan disiarkan live streaming dari empat lokasi tersebut mulai pukul 09.00 WIB hingga selesai,” ujar Ketua Panitia For You Indonesia Yogyakarta, Widi Hasto di Kompleks Kepatihan, Senin (17/5).

Gerakan Indonesia Raya Bergema adalah sebuah kampanye yang mengajak masyarakat untuk mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya di sejumlah lokasi publik.

Tujuan dari gerakan itu menurut Hasto adalah untuk menggelorakan rasa nasionalisme masyarakat akan Negara Kesatuan Repulik Indonesia (NKRI).

“Kami ingin gelorakan rasa memiliki NKRI yang berdasarkan Pancasila dan rencananya gerakan ini dapat berkelanjutan setiap hari ke depannya ppada pukul 10.00 WIB,” tuturnya.

Untuk di Kompleks Kepatihan lagu Indonesia Raya akan dilakukan di Gedung Pracimosono sedangkan dari Keraton akan berlangsung di Bangsal Mandalasana.

Hasto mengungkapkan, momentum Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei dipilih sebagai bentuk revitalisasi spirit kebangkitan nasional dari peristiwa lahirnya Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908.

 “Aktualisasinya adalah membangkitkan semangat persatuan, kesatuan dan nasionalisme, serta kesadaran untuk mengisi kemerdekaan Republik Indonesia yang berlandaskan Pancasila,” ungkapnya.

Nantinya acara akan dibuka oleh bregada abdi dalem musikan Kraton pada pukul 08.45 WIB,  dilanjutkan penampilan kolaborasi antara Komunitas Biola Yogya dan paduan suara Alumni SMA Yogya Bersatu.

Rencanannya mereka akan menampilkan sejumlah lagu perjuangan dan lagu daerah.

Selain itu, akan ada juga talkshow para tokoh masyarakat dari empat lokasi siaran dan puncak acara akan diisi dengan pencanangan Indonesia Raya Bergema oleh Sri Sultan HB X.

“Sultan akan menandai dimulainya lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dibawakan oleh korps musikan Mandalasana dari Bangsal Keraton Yogyakarta,” urainya.

Hasto berharap, setelah pencanangan gerakan ini maka lagu Indonesia Raya dapat dikumandangkan rutin sekali setiap pagi dalam sikap hormat sesuai ketentuan perundangan.

Pemda DIY juga akan mengeluarkan surat edaran yang ditujukan kepada semua instansi Pemda DIY dan Pemkot serta Pemkab se DIY dapat mengumandangan Lagu Kebangsaan di lingkup kerja masing-masing.

“Gerakan Indonesia Raya Bergema ini mudah-mudahan dapat diikuti oleh kalangan dunia pendidikan dan sektor swasta lainnya,” harapnya.

Sementara itu, KPH Notonegoro menjelaskan, gerakan ini juga merupakan sebuah bentuk edukasi kepada masyarakat terkait rasa nasionalisme, baik warga DIY maupun seluruh Indonesia.

“Ini merupakan sebuah proses edukasi, dan dalam setiap proses pasti ada rintangan namun kita menunjukkan yang terbaik pada penampilan besok,” kata dia. 


0 Komentar

    Kirim Komentar


    jogjastreamers

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JOGJAFAMILY 100,2 FM

    JogjaFamily 100,9 FM


    SWARAGAMA 101.7 FM

    SWARAGAMA 101.7 FM

    Swaragama 101.7 FM


    UNIMMA FM 87,60

    UNIMMA FM 87,60

    Radio Unimma 87,60 FM


    UNISI 104,5 FM

    UNISI 104,5 FM

    Unisi 104,5 FM


    GERONIMO 106,1 FM

    GERONIMO 106,1 FM

    Geronimo 106,1 FM


    SOLORADIO 92,9 FM

    SOLORADIO 92,9 FM

    Soloradio 92,9 FM SOLO


    Dapatkan Informasi Terpilih Di Sini